Bansos Puluhan Triliun Belum Tersalurkan, Jokowi: Rakyat Menunggu!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 20 Jul 2021 14:45 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada para kepala daerah pada 19 Juli 2021 semalam. Dalam arahannya dia menjelaskan terkait percepatan bantuan sosial (bansos) dan percepatan belanja daerah.

Jokowi menyebutkan masih banyak dana bansos yang belum cair. Contohnya untuk dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dianggarkan Rp 13,3 triliun untuk 514 kabupaten, kota dan, provinsi.

"Dari Rp 13,3 triliun yang dipakai baru Rp 2,3 triliun. Padahal kita sekarang ini rakyat butuh sekali, rakyat menunggu. Saya minta ini segera dikeluarkan," kata dia dalam arahan, dikutip Selasa (20/7/2021).

Jokowi mengatakan kemudian untuk perlindungan sosial dianggarkan Rp 12,1 triliun namun baru terealisasi Rp 2,3 triliun dan belum ada 20% penyaluran.

Selanjutnya untuk dana desa anggarannya Rp 72 triliun total dan yang digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT) desa sebesar Rp 28 triliun. Tetapi yang terealisasi Rp 5,6 triliun.

"Ini juga kurang dari 25%, ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," tambah dia.

(kil/ara)