Anies Ungkap Beda Bansos dan Vaksinasi: Kalau Bansos Semua Orang Datang

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 25 Jul 2021 11:35 WIB
Kepgub Nomor 796 Tahun 2021 Soal PPKM Mikro, Ini Isinya
Foto: (Youtube/Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan perbedaan antara penyelenggaraan program vaksinasi dan program bantuan sosial (bansos). Dia menyebut, ketika bansos digelar maka orang-orang berdatangan.

"Vaksinasi ini berbeda dengan menyelenggarakan bansos. Kalau menyelenggarakan bansos, pasang tenda, kasih pengumuman bansos, semua orang datang," kata dia dalam acara Vaksinasi Bersama Kadin Indonesia dan TNI-Polri yang disiarkan langsung di seluruh YouTube Kadin Indonesia, Minggu (25/7/2021).

Sementara untuk penyelenggaraan vaksinasi, Anies menyebut harus kerja 2 kali, yakni menyelenggarakan suplainya, yang kedua menggerakkan orang untuk datang.

"Kalau alat vaksinnya siap seribu, tenaganya siap untuk seribu, tapi yang datang hanya 200 maka catatannya tetap 200 bukan seribu. Karena itulah dua sisi, sisi supply dan sisi demand," paparnya.

Dia pun mengapresiasi berbagai elemen masyarakat, termasuk organisasi NU dan Muhammadiyah yang ikut menggerakkan warga untuk mau mengikuti vaksinasi.

"Dengan begitu maka setiap ada program vaksinasi, dua sisi digarap dengan baik, sisi penyelenggaraan dan sisi menggerakkan warga untuk ikut vaksin," jelas Anies.

"Semoga ini menjadi bagian dari ikhtiar kolektif kita dalam perang menghadapi pandemi dan tentu saja Insyaallah dicatat sebagai amal saleh dari bapak-bapak yang terlibat ibu-ibu yang terlibat," tambahnya.

(toy/zlf)