Jokowi Wanti-wanti Varian Corona yang Lebih Menular

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 25 Jul 2021 19:54 WIB
Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meminta seluruh lapisan masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan perkembangan varian baru virus Corona. Sebelumnya, virus varian Delta telah membuat seluruh dunia ketar ketir karena lonjakan penyebaran yang sangat cepat.

Jokowi meminta semua masyarakat tetap waspada terhadap varian-varian baru yang mungkin akan muncul dan lebih menular. Dia juga memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan testing dan tracing di tengah masyarakat.

"Kita harus waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian yang lebih menular, maka saya perintahkan testing tracing harus ditingkatkan lebih tinggi," ungkap Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/7/2021).

Dia juga meminta penanganan kesehatan alias treatment dalam merespons virus Corona di fasilitas kesehatan ditingkatkan agar dapat menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan.

"Penerapan protokol kesehatan ketat, dan peningkatan testing, tracing, treatment jadi pilar penting penanganan pandemi ke depannya," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyatakan sudah meminta kementerian terkait untuk melakukan langkah maksimal dalam pembagian obat-obatan, vitamin, hingga suplemen ke masyarakat.

"Saya sudah minta Menteri terkait melakukan langkah semaksimal mungkin untuk membagikan vitamin, suplemen, kepada masyarakat. Lalu, memberikan dukungan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap isolasi mandiri. Serta dukungan pengobatan di rumah sakit," ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah juga akan berupaya untuk menekan angka kematian karena virus COVID-19. Peningkatan kapasitas rumah sakit hingga ketersediaan oksigen akan dikebut.

"Untuk daerah yang memiliki angka kematian tinggi, peningkatan kapasitas rumah sakit, tempat isolasi terpusat, dan ketersediaan oksigen perlu ditingkatkan," papar Jokowi.

(hal/zlf)