Dengerin Nih! Nasehat Warren Buffett Biar Jadi Orang Kaya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 26 Jul 2021 08:27 WIB
Warren Buffett memiliki standar kecerdasan bisnis legendaris. Reputasinya di dunia investasi dan bisnis membuat kekayaannya membengkak lebih dari US$ 80 miliar.
Foto: Istimewa/J. Kempin/Getty Images via CNN.
Jakarta -

"Jangan menunggu untuk memulai." Begitulah nasihat yang diberikan oleh Warren Buffett pada 1999 saat ditanya apa yang harus dilakukan supaya bisa menjadi kaya seperti dirinya. Hingga saat ini, banyak orang merasa bahwa nasihat yang diberikan olehnya dua puluh tahun yang lalu masih sangat relevan.

Melansir CNBC, Senin (26/6/2021), saat itu ketika ditanya, Buffett merupakan seorang 'raja' investasi berusia 68 tahun yang memiliki kekayaan bersih senilai US$ 30 miliar atau sekitar Rp 435 triliun (dengan kurs Rp 14.500/dolar AS). Kini, setelah lebih dari dua dekade, kekayaan Warren Buffett berkembang menjadi US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.450 triliun.

Ia mengatakan bahwa bunga majemuk merupakan sahabat investor. Menurutnya, membangun kekayaan dengan bunga majemuk seperti menggulung bola salju menuruni bukit, semakin lama semakin besar.

"Mulailah lebih awal. Saya mulai membangun bola salju kecil ini di puncak bukit yang sangat panjang. Trik untuk memiliki bukit yang sangat panjang adalah mulai dari sangat muda atau hidup sampai sangat tua," jelasnya lagi.

Pria dengan julukan Oracle of Omaha ini mengatakan jika pada 1999 dia baru lulus kuliah dan memiliki 10.000 dollar AS untuk diinvestasikan, dia akan membuat cara strategis dalam memilih tempat di mana dia dapat 'menyimpan' uangnya. Ia mengatakan bahwa cara strategis yang akan digunakannya adalah dengan memeriksa perusahaan berdasarkan abjad dan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan kecil.

"Saya mungkin akan fokus pada perusahaan yang lebih kecil karena banyak kemungkinan ada sesuatu yang terlewatkan di sana," Ujarnya.

Buffett menjelaskan bahwa seorang infestor perlu berjuang sendiri dan mengandalkan pengetahuan serta intuisi mereka sendiri ketika mencari bisnis yang menjanjikan untuk diinvestasikan.

Dia menambahkan bahwa investor yang cerdas akan melakukan yang terbaik untuk mempelajari apa yang mereka ketahui dan apa yang tidak mereka ketahui. Setelah itu mereka akan sangat bersemangat ketika mereka melihat sesuatu yang mereka anggap sebagai peluang yang baik.

Meski demikian, Buffett mengatakan bahwa bercita-cita untuk menjadi sekaya dirinya tidaklah perlu. Dia mengatakan bahwa ukuran nilai kekayaan tidak dapat dipahami. "Uang membuat perbedaan yang sangat kecil setelah tingkat moderat," katanya

(fdl/fdl)