Isi Snack Berkurang Padahal Harganya Sama? Ini Alasannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 26 Jul 2021 09:52 WIB
Asian young woman shopping in a grocery store and wearing protective medical mask during social distances and lockdown due to coronavirus
Foto: Getty Images/rudi_suardi

Bahkan, untuk masalah penyusutan ini di Amerika Serikat, muncul forum Reddit yang didedikasikan untuk membongkar taktik penyusutan. Anggota forum mendokumentasikan semuanya, mulai dari ukuran deodoran yang lebih kecil hingga botol es teh.

Dworksy memaparkan beberapa contoh produk terbaru yang telah dilangsingkan di AS, misalnya ukuran bahan makanan Cocoa Puffs yang turun berat bersihnya dari 19,3 ons menjadi 18,1 ons. Ada juga Cinnamon Toast Crunch yang turun berat bersihnya dari 19,3 ons jadi 18,8 ons.

Sementara itu, bagi perusahaan produsen, mereka tidak akan mengatakan sudah menurunkan ukuran produk mereka. Sebaliknya, mereka akan mengatakan hal-hal seperti menyesuaikan paket harga pada produknya.

Namun, masih ada satu perusahaan yang mengumumkan dan memberi tahu pelanggan bahwa ukurannya menyusut karena menjadi lebih mahal untuk membuat produk di AS. Produsen itu adalah Tillamook, sebuah produsen krim asal Oregon.

Mereka mengumumkan telah mengurangi wadah es krim ukuran keluarga dari 56 ons menjadi 48 ons karena biaya yang lebih tinggi untuk bahan-bahan seperti buah beri. Namun mereka berjanji menjaga harga jual yang tetap sama.

"Agar menguntungkan dan mendukung pemilik petani kami, kami memiliki dua pilihan: menaikkan harga satuan per karton atau mengurangi ukuran karton dari 56 ons menjadi 48 ons dan menjaga harga tetap sama," kata perusahaan itu.


(hal/fdl)