Suntikan Jumbo Emtek Group Rp 5,4 T ke Grab Indonesia

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 27 Jul 2021 08:15 WIB
Aplikasi Grab
Foto: Shutterstock

Dalam waktu dekat, Emtek dan Grab akan meluncurkan inisiatif Festival Kota Mapan untuk mendukung digitalisasi bagi UMKM. Rencananya, akan dimulai di Solo, Jawa Tengah dengan target 1.000 peserta UMKM pada September 2021.

Selanjutnya, pihaknya menargetkan layanan digital akan diperluas hingga lebih dari 7 juta pemilik warung dan UMKM yang ada di ekosistem Bukalapak. Kedua perusahaan juga menjajaki kemungkinan membawa pelaku e-commerce di Bukalapak ke GrabMart, platform belanja bahan makanan di Grab dan sebaliknya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengungkapkan, UMKM memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas. Pemerintah sendiri menargetkan 30 juta UMKM untuk bertransformasi ke digital pada tahun 2024.

"Dan kami senang bahwa perusahaan seperti Grab dan Emtek Group telah mengambil langkah untuk berpartisipasi dalam membantu UMKM tanah air mentransformasikan kegiatan usaha mereka secara digital. Saya berharap kemitraan strategis antara Grab dan Emtek Group juga akan menjangkau lebih banyak UMKM termasuk para Penyandang Disabilitas dan wirausahawan lanjut usia," pungkas Teten.


(fdl/fdl)