Pengusaha-pengusaha RI yang Pernah Nyumbang Triliunan Rupiah

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 27 Jul 2021 11:40 WIB
Dato Sri Tahir
Foto: Herianto Batubara
Jakarta -

Aksi keluarga pengusaha almarhum Akidi Tio memberikan dana hibah senilai Rp 2 triliun menjadi sorotan publik. Dana triliunan itu diberikan untuk membantu penanganan COVID-19. Bantuan tersebut diterima Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri.

Hibah tersebut diserahkan keluarga Tio kepada Kapolda Sumsel Irjen Eko untuk penanggulangan COVID-19, terutama kepada warga yang terdampak PPKM.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, kemarin Senin (26/7/2021).

Sumbangan dengan angka triliunan rupiah memang bukanlah bantuan yang sedikit. Nah, selain keluarga Akidi Tio, ada pengusaha Indonesia yang juga pernah memberi sumbangan senilai triliunan rupiah. Dia adalah pengusaha nasional Dato Sri Tahir.

Salah satu orang terkaya di Indonesia itu kerap membagi-bagikan hartanya bahkan hingga keliling dunia.

Sumbangan yang sangat dikenal darinya adalah US$ 75 juta, setara Rp 1,085 triliun jika mengacu kurs hari ini (Rp 14.474/US$) untuk The Global Fund dalam melawan TBC, HIV, dan Malaria di Indonesia. Dia bermitra dengan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan sosial milik salah satu miliarder terkaya di dunia Bill Gates.

"Saya orang Indonesia yang menandatangani satu-satunya Giving Pledge. Saya committed 50% harta saya sumbangkan untuk masyarakat. Giving Pledge itu Bill Gates yang motori," kata Tahir dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (22/5/2017) lalu.

Di tengah situasi sulit akibat pandemi COVID-19 ini, tentu akan sangat membantu jika bermunculan pengusaha-pengusaha tajir yang bersedia menyisihkan sedikit hartanya.



Simak Video "Surprise Keluarga Pengusaha Akidi Tio di Balik Donasi Rp 2 T untuk Covid"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)