Masih Misterius, Siapa Sosok Akidi Tio yang Beri Rp 2 T untuk Tangani Covid?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 27 Jul 2021 15:06 WIB
Keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.
Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Sosok pengusaha almarhum Akidi Tio bikin publik penasaran setelah keluarganya menyerahkan dana hibah senilai Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19. Siapa sebetulnya Akidi Tio?.

Tak banyak informasi mengenai sosok yang disebut pengusaha ini. Berbekal dari latar belakang Akidi Tio sebagai pengusaha, detikcom menghubungi beberapa ketua asosiasi pengusaha nasional. Namun, mereka pun mengaku tak mengenal sosok dermawan tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar, Akidi Tio adalah kontraktor atau pengusaha di bidang konstruksi. Namun, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa tak mengenalnya.

"Nggak kenal," jawab Erwin Aksa melalui pesan singkat, Selasa (27/7/2021).

Sementara Sekjen Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Andi Rukman N Karumpa, belum menjawab pertanyaan detikcom.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman juga tak mengenal Akidi Tio.

"Maaf saya tidak kenal beliau. Pengusaha kontraktor," sebutnya.

Beberapa ketua asosiasi pengusaha yang lain juga belum memberi respons. Dari penelusuran detikcom di internet, tak banyak informasi sebelumnya mengenai sosok Akidi Tio ini.

Lihat juga video 'Pemerintah Beri Bansos Baru untuk Warga Terdampak PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut ke halaman berikutnya

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri bercerita sedikit mengenai sosok Akidi.

"Untuk mengingat akan sejarah, saya kenal almarhum Akidi ini dari anaknya Ahok, yang jualan limun di Aceh Timur," ucap Eko Indra kepada wartawan pada Senin (26/7/2021).

Eko mengaku mengenal keluarga Akidi Tio saat dirinya bertugas di Aceh Timur. Saat itu Eko menjabat Kasat Reskrim Polres Aceh Timur.

"Kebetulan saya Kasat Serse (Kasat Reskrim) di sana. Kemudian saya pindah tugas di Palembang," katanya.

Dokter Hardi Dermawan jadi perantara dalam pemberian bantuan Rp 2 triliun dari keluarga pengusaha almarhum Akidi Tio untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel). Dokter Hardi kemudian bercerita saat diminta menyalurkan dana tersebut.

Hardi adalah dokter keluarga pengusaha Akidi Tio. Hardi menjadi dokter keluarga Akidi turun temurun sejak puluhan tahun lalu, dari Akidi hingga anak, cucu, dan cicitnya.

"Saya sebetulnya adalah dokter keluarga dari Pak Akidi, sudah 36 tahun. Ya kalau dengan menantu, anak-cicit itu sudah 48 tahun," terang Hardi kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

(toy/zlf)