Dahlan Iskan Ungkap Berabenya Terima Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 29 Jul 2021 11:28 WIB
Dahlan Iskan
Dahlan Iskan Ungkap Berabenya Terima Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio
Jakarta -

Sosok almarhum Akidi Tio masih jadi buah bibir hingga saat ini. Hal itu tak lain karena sumbangan Akidi Tio yang fantastis senilai Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19. Meski begitu, sumbangan Akidi Tio ini masih menyisakan tanya. Bagaimana cara menerimanya?

Sulitnya menerima uang Rp 2 triliun Akidi Tio ini diceritakan oleh Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan melalui tulisan berjudul Pusing 2T yang dipublikasikan di disway.id. Dahlan pun beradai-andai jika dirinya menjadi Kapolda Sumsel Eko Indra Heri yang tiba-tiba menerima sumbangan Rp 2 triliun.

"Saya memang menjadi sangat terkenal. Melebihi Kapolri. Tapi saya juga bisa celaka. Celaka yang tidak membawa nikmat -tidak serupiah pun uang itu bisa saya ambil," tulisnya seperti dikutip detikcom, Kamis (29/7/2021).

Hal pertama yang memusingkan ialah bagaimana cara menerima uang Rp 2 triliun Akidi Tio tersebut. Uang tak mungkin dikirim dalam bentuk kontan. Dahlan bilang, rumahnya tidak akan cukup menampung uang sebesar Rp 2 triliun.

"Tidak mungkin pula ditransfer lewat rekening Polda Sumsel. Itu bukan uang Polri. Bukan pula uang negara," katanya.

Uang Akidi Tio tidak mungkin juga ditransfer ke rekening pribadi. Sebab, bisa tercampur dengan uang pribadi.

"Yang paling aman tentunya lewat rekening khusus. Rekening baru. Itu pun masih akan menyisakan pertanyaan: siapa yang akan membuka rekening itu. Atas nama siapa. Kalau rekening baru itu atas nama 'saya' bisa bahaya. Kalau atas nama instansi tidak boleh," ujarnya.

Hal selanjutnya yang memusingkan adalah akan digunakan untuk apa uang tersebut. Dahlan mengaku bingung. Kalaupun dibagi ke rumah sakit, bagaimana cara yang harus ditempuh.

Kemudian, andai uang Akidi Tio tersebut untuk membeli obat dan vaksin juga menimbulkan tanya. Sebab, obat dan vaksin ditanggung pemerintah.

"Atau diberikan kepada seluruh orang miskin di Sumsel? Sesuai dengan daftar orang miskin yang ada di pemerintah? Atau pakai model Tung Dasem saja? Uang itu disebar pakai helikopter?" ujarnya.

Simak juga video 'Surprise Keluarga Pengusaha Akidi Tio di Balik Donasi Rp 2 T untuk Covid':

[Gambas:Video 20detik]



Lantas, apa saran Dahlan Iskan terkait sumbangan Rp 2 triliun dari Akidi Tio ini? klik halaman berikutnya.