UMKM Tanaman Hias Asal Bogor Tembus Jerman-Korsel, Apa Rahasianya?

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 29 Jul 2021 16:20 WIB
Ide Bisnis Xpora
Foto: YouTube Minaqu Home Nature
Jakarta -

Jualan tanaman hias adalah salah satu bisnis yang melejit di tengah pandemi COVID-19. Pedagang tanaman hias di era pandemi bahkan mampu mengalami lonjakan omzet karena banyaknya pesanan dari lokal hingga mancanegara.

Hal ini turut dialami oleh salah satu Entrepreneur Heroes BNI pemilik usaha tanaman hias Minaqu Home Nature, Ade Wardhana Adinata. Berawal dari hobi, pria asal Bogor ini mampu memanfaatkan peluang yang menjanjikan hingga membuat usahanya besar.

Diketahui, Minaqu Home Nature kini memiliki partner di Amerika dan Eropa yang merupakan wilayah terbesar di dunia untuk florikultura. Hal ini membuat pemasaran usaha tanaman hiasnya sudah menjangkau 5 negara seperti Germany, Canada, Cyprus, Amerika, dan Korea Selatan.

Bahkan, Minaqu Home Nature yang baru dimulai pada tahun 2019 ini mampu memiliki kontrak dan kerja sama sebanyak 1 juta bibit per tahun atau total kontrak setara dengan Rp 1 triliun. Sementara omzet yang dihasilkan hingga miliaran.

Luar biasa kan? Meski baru tiga tahun berjalan usaha tanaman hias lokal ini sudah mampu membuktikan bahwa tanaman hias merupakan bisnis yang menjanjikan. Mau tau bagaimana rahasia dari bisnis tanaman hias ini? Berapa modal yang ia keluarkan?

Jawabannya bisa ditemukan dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

[Gambas:Instagram]

Berlangsung selama 5 hari pada 30 Juli-3 Agustus 2021, Webinar FIB BNI akan menampilkan topik dan para Entrepreneur Heroes BNI berbeda di setiap harinya. Salah satu yang akan menjadi pembicara adalah Ade Wardhana Adinata, yang akan berbagai ceritanya tentang usaha Rorokenes yang dimilikinya.

Tak cuma Ade, masih ada lagi pembicara lain yang ahli di bidangnya masing-masing. Sebut saja, Founder Bali Alus Ni Kadek Eka Citrawati, Founder Frinsa Agrolestari Wildan Mustofa, Founder Cau Cokelat Kadek Surya, dan Founder Rorokones Syanaz Nadya Winanto.

Seluruh cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan selama 5 hari dengan tema berbeda. Dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari Para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI

Jadi, tunggu apa lagi? Catat tanggalnya dan ikuti seluruh rangkaian webinar FIB BNI yang akan ditayangkan secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora.



Simak Video "Melompat Lebih Tinggi untuk Wujudkan Mimpi"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)