2 Pengusaha Sukses Bagi-bagi Kisah Kembangkan Bisnis Kuliner

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 29 Jul 2021 20:32 WIB
pebisnis kuliner
Jody Broto Suseno
Jakarta -

Dua pengusaha kuliner besar di Indonesia berbagai kisahnya dalam mengembangkan usaha yang mereka miliki. Dua pengusaha itu adalah Owner dan CEO Kebab Baba Rafi Indonesia Nilamsari dan Owner Waroeng Steak & Shake Jody Broto Suseno.

Seperti Nilamsari, wanita asal Surabaya ini memulai kebab yang ia miliki ketika dirinya beserta keluarga mengunjungi Qatar. Di sana ia tertarik ketika melihat kebab yang disajikan di beberapa titik di kota Qatar, dari situlah ia mempunyai ide untuk membawa kebab ke Indonesia.

Pada awalnya, resep yang dibawa oleh Nilamsari tidak sesuai atau cocok dengan lidah orang Indonesia, hingga akhirnya dia mencoba untuk melakukan inovasi dengan merubah beberapa bahan yang dipakai.

"Bumbunya kita ganti dengan bumbu lokal, kayak contohnya tadinya pake yogurt kita ganti pake mayonaise, terus sausnya kita ganti dengan saus merek ABC, jadi oke. Kita tambahin keju juga, jadi orang suka," tutur Nilamsari dalam Webinar Tips Bangun Franchise Kuliner dengan Inovasi Menu Baru yang disiarkan live di detikcom, Kamis (29/7/2021).

pebisnis kulinerpebisnis kuliner Foto: Angga Laraspati

Usaha tersebut berkembang menjadi 10 outlet dan booming di Surabaya. Setelah itu, Nilam mencoba untuk belajar menjadi seorang franchisor, ia pun bergabung dengan Asosiasi Franchise Indonesia dan mendapatkan ilmu yang sangat banyak.

Singkat cerita, dirinya membuka usaha dengan 1 gerobak yang pernah dipakai pada usaha sebelumnya dan membuka outlet pertamanya tersebut di dekat tempat tinggalnya. Ini dilakukan agar Nilamsari dapat mudah untuk memonitor dan menerima tanggapan dari konsumennya.

"Usai mendapatkan surat tanda waralaba dari Kementerian Perdagangan kita udah go franchise. Dan beberapa mulai berkembang, mulai berkembang ke Malang, Kalimantan, Sulawesi, hingga 2008 kita mulai berkembang ke Jakarta," ungkap Nilamsari.

"Dan 2009 sudah mulai masuk ke Malaysia, kita masuk ke Filipina, dan Alhamdulillah sekarang Baba Rafi sudah ada kurang lebih 1.600 outlet di 10 negara dan terakhir buka di India," sambungnya.

Sementara itu, Jody Broto Suseno mengatakan dalam membuka usaha miliknya dulu di tahun 2000. Ia melihat pangsa pasar yaitu mahasiswa yang sulit untuk memakan steak. Pengusaha asal Yogyakarta ini bahkan rela untuk menjual motornya seharga 8,5 juta untuk dijadikan modal usaha pertama kali.

"Jadi modal itu bukanlah segalanya, saya bukan chef, saya gak punya modal, tapi saya melihat ada pasar steak yang harganya murah. Dari situlah lahir Waroeng Steak & Shake," imbuhnya.

Berbeda dari Nilamsari, Jody tidak memanfaatkan sistem franchise untuk usaha Waroeng Steak & Shake yang dimilikinya. Dirinya lebih memilih untuk menggunakan sistem mitra kerja sama dalam membuka cabang-cabang yang ada di Indonesia.

"Saya itu membuka cabang dengan sistem mitra kerja sama, cabang pertama saya buka berjarak 300 meter dari tempat pertama saya buka. Alasannya karena biar orang tak perlu jauh-jauh untuk mencarinya. Alhamdulillah 3 bulan buka juga langsung ramai," tuturnya.

Gayung bersambut, usaha yang pertama kali dimulai dengan 2 karyawan ini, kini sudah berkembang dan memiliki ratusan kurang lebih 120 cabang yang tersebar di 22 kota di Indonesia.

Semua paparan tersebut disampaikan oleh kedua dalam acara Webinar yang diselenggarakan oleh Kraft Heinz Food Service Institute bekerja sama dengan detikcom. Untuk kegiatan pertama ini, Webinar mengangkat tema Tips Bangun Franchise Kuliner dengan Inovasi Menu Baru.

Tak hanya tips dari para pengusaha kuliner, seorang chef profesional yaitu Martin Praja juga berbagi tips untuk membangun sebuah bisnis kuliner baru. Di akhir acara, juga ada cooking class dari Chef Eko Wahyono Nugroho yang memasak nasi goreng magelangan yang dipadukan dengan sate ayam yang lezat.

Buat yang ketinggalan acara hari ini jangan sedih, karena Kraft Heinz akan menyelenggarakan Webinar lainnya yang bekerja sama dengan detikcom pada 5 Agustus nanti. Bagi yang ingin mendaftar bisa langsung mengklik tautan berikut ini ya!

(mul/hns)