Sayonara Ngantre, Mulai 2023 Bayar Tol Tanpa Setop Full Beroperasi

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 05:30 WIB
Penerapan integrasi transaksi tarif Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan diberlakukan 29 September 2018. Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia mendukung rencana ini.
Foto: Agung Pambudhy

Setelah memilih titik masuk dan keluar, pengguna dapat membeli electronic route ticket sekali pakai di situs resmi atau aplikasi MLFF. Dia juga menjelaskan, strategi agar semua orang membayar di jalan tol meskipun tidak ada gerbang tol yaitu melalui gantry yang menggantikan fungsi GT, sebuah portal tinggi berkaki tegak.

Di dalamnya terdapat kamera, perangkat lunak yang bisa mengidentifikasi kendaraan dan pengguna jalan."Gantry segera mengirim data ke sistem pusat MLFF, sistem akan secara otomatis memeriksa apakah mobil sudah terdaftar, apakah pengguna sudah membayar, serta memverifikasi apakah pengguna tersebut melanggar aturan jalan tol atau tidak," jelasnya.

Kemudian, sistem MLFF juga akan terintegrasi dengan penegakan hukum di bawah kewenangan Korlantas Polri. Jika terdapat pelanggaran, sistem pusat MLFF akan mengirimkan informasi kepada pelanggaran untuk membayar biaya tambahan.

Jika hal tersebut tidak dipenuhi, maka sistem pusat MLFF akan menginformasikan data pelanggaran kepada pihak yang berwenang untuk dapat melakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku.


(zlf/zlf)