Mantap! Kriya Keramik Lokal Ini Sudah Tembus Pasar Timur Tengah

Nurcholis Maarif - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 10:00 WIB
Naruna Ceramic
Foto: Instagram Naruna Ceramic
Jakarta -

Produk kriya atau kerajinan tangan biasanya hanya memiliki pasar yang tidak luas dan hanya menyasar segmen tertentu. Namun siapa sangka produk kriya juga ternyata punya potensi besar bahkan bisa menjadi komoditas yang bisa diekspor.

Hal itu yang dialami salah satu Entrepreneur Heroes BNI, yaitu Naruna Ceramic. Produk keramik milik UMKM tersebut sudah pernah diekspor ke beberapa negara seperti Arab Saudi, Dubai, Turki, Hong Kong, Singapura, dan Australia. Bahkan saat ini Naruna Ceramic sedang menjajaki ekspor ke Rusia dan beberapa negara Gulf Middle East.

Di pasar domestik, Naruna mempunyai lebih dari 20 ribu database customer dengan 5 ribu di antaranya loyal customer (sudah melakukan pembelian lebih dari 2 kali). Mulai dari brand besar seperti Amanjiwo Resort di Borobudur, Plataran Borobudur, restaurant Te-Sate di Jakarta, serta masih banyak brand lokal lainnya.

Nggak Punya Kantor hingga Meeting di Burjo

Perjalanan Naruna Ceramic menembus pasar ekspor hingga memiliki omzet Rp 4,6 miliar per tahun bukan tanpa tantangan dan perjuangan. Pemilik Naruna Ceramic, Roy Wibisono menceritakan Naruna dimulai dari sebuah garasi rumah tangga.

Di garasi rumah di jalan Kauman 9B Salatiga ini Naruna mulai dirintis oleh 3 orang, yaitu Roy, Oka dan Indra. Mereka memulai Naruna dari nol dengan modal semangat juang yang tinggi pada tahun 2019.

Naruna Ceramic Foto: Instagram Naruna Ceramic

"Naruna tidak punya kantor, kita melakukan meeting beberapa kali di warung bubur kacang ijo, dengan membeli 3 gelas minuman dan 1 porsi mendoan saat meeting bersama. Setelah meeting selesai barulah pulang untuk mengerjakan tugas yang sudah dibagi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2021).

Diungkapkannya, memulai usaha dengan serba kekurangan, tapi justru hal ini membuat Naruna semakin berjuang keras untuk mewujudkan mimpi bersama. Modal uang bukan hal yang utama, tapi semangat, optimisme dan daya juang itulah modal yang paling utama.

Lebih lanjut Roy akan bercerita tentang keunikan desain Naruna Ceramic yang membuatnya bisa tembus pasar ekspor, pemberdayaan masyarakat, hingga dampak bisnis yang dihasilkan dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora.

Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

Dengan tema 'From Zero to Hero', Roy akan mengisi webinar di hari pertama Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini akan dibuka oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan hari ini pukul 13.00 WIB di secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari Para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.

(ega/ega)