Bamsoet Ungkap Sosok Akidi Tio yang Sumbang Rp 2 T, Ini Potretnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 08:59 WIB
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Singapura Bernard Tay sepakat meningkatkan kerja sama di bidang otomotif.
Foto: Dok: Instagram Bambang Soesatyo
Jakarta -

Nama Akidi Tio ramai diperbincangkan karena memberikan sumbangan Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi COVID-19 di Sumatera Selatan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkap sosok dermawan itu. Melalui video yang diunggah di akun Instagram resminya, Bamsoet menceritakan jika Akidi Tio pernah hidup di Palembang dengan memulai usaha kecap dan akhirnya memiliki pabrik kecap.

"Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim," tulis Bamsoet, dikutip Jumat (30/7/2021).

Selain itu, Akidi Tio juga merupakan pengusaha Tambang batu Dolomit yaitu bahan pembuat pupuk.

Dia menambahkan Akidi dulunya hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya raya di era Presiden Soekarno. Paman Akidi adalah Menteri Perdagangan di Singapura.

Ketika hidup, Akidi Tio sempat bersumpah kepada Thong Ju jika dia menjadi kaya, maka akan memberikan sumbangan kepada rakyat Palembang. "Ini terbukti, janjinya (ditepati) melalui wasiat anak cucunya," tambah dia.

Sejak dulu dia hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya era Soekarno, pamannya Menteri Perdagangan Singapore. Tak hanya itu, Akidi Tio juga sering menyumbang dalam jumlah besar di Sumatera Selatan dan di beberapa wilayah di Indonesia ke panti asuhan yatim, orang cacat dan buta.

[Gambas:Instagram]



Simak Video: Surprise Keluarga Pengusaha Akidi Tio di Balik Donasi Rp 2 T untuk Covid

[Gambas:Video 20detik]



(kil/zlf)