Awas! Beredar Surat Palsu Pengangkatan CPNS 2021

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 31 Jul 2021 13:00 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Awas! Beredar Surat Palsu Pengangkatan CPNS 2021
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta masyarakat untuk berhati-hati karena beredarnya surat palsu yang mengatasnamakan Kepala BKN Bima Haria Wibisana terkait pengangkatan CPNS 2021. Surat palsu itu beredar di media sosial.

Dalam media sosialnya, BKN memberikan tangkapan gambar tentang bentuk surat palsu tersebut. Di situ terlihat, surat palsu tersebut berbunyi mengenai undangan penyerahan surat keputusan calon pegawai negeri sipil tahun 2020 untuk jalur prestasi.

Terdapat kesalahan penulisan dalam surat palsu tersebut, dari yang seharusnya calon pegawai negeri sipil, menjadi salon pegawai negeri sipi.

Surat Palsu Pengangkatan CPNSSurat Palsu Pengangkatan CPNS Foto: Dok. BKN

"Kali ini Mimin akan kembali membagikan surat palsu yang mengatasnamakan BKN. Coba amati bagian perihal surat yang Mimin beri kotak warna merah. Mimin mau tanya kira-kira yang mau diserahkan itu SK Calon PNS atau SK usaha Salon milik PNS atau BKN diubah kewenangannya jadi kurir surat perusahaan salon?" tulis BKN di media sosialnya, dikutip Sabtu (31/7/2021).

BKN meminta masyarakat tak hanya membaca atau melihat kop surat, tapi juga keseluruhan isi surat tersebut. Ia meminta masyarakat tak mudah percaya.

"Nah, kalo masih ada pihak-pihak yg percaya dengan surat macam ini gimana? Apa karena semangat membacanya rendah, sehingga tanpa baca isi surat keseluruhan dan cuma lihat kop surat yg ada tulisan BKN lalu serta merta percaya surat itu produk BKN?" tulis BKN.

"Duh...sudahi yuk percaya informasi yang berasal dari sumber yang tidak jelas. Dan satu lagi, jangan mudah percaya dan langsung share saja informasi tanpa membaca dan mencermati isinya dengan detil," sambungnya.

(fdl/fdl)