Berdayakan Masyarakat, UMKM Ini Pasarkan Kopi Pangalengan Sampai ke AS

Yudistira Imandiar - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 12:15 WIB
Java Frinsa
Foto: Java Frinsa
Jakarta -

Pangalengan merupakan salah satu daerah penghasil komoditas kopi di Jawa Barat. Sejumlah masyarakat di sana menggantungkan hidup sebagai petani atau pekerja di perkebunan kopi.

Melihat adanya potensi ekonomi yang menjanjikan dari industri pengolahan kopi, Wildan Mustofa memilih menekuni bisnis tersebut sejak 2012 dengan membuat badan usaha CV Frinsa Agrolestari. Wildan memasarkan biji kopi green bean dari Pangalengan dengan merek Java Frinsa.

Ia melakukan riset untuk menemukan metode produksi yang paling efektif untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi. Saat ini, ada 10 varietas kopi Pangalengan yang diolah menjadi green bean oleh Java Frinsa.

Kopi green bean Java Frinsa diperoleh setelah melalui lima tahap pengolahan kering dan 11 tahap pengolahan basah. Produk kopi green bean tersebut dipasarkan ke berbagai negara, di antaranya Australia, Norwegia, Amerika Serikat, dan China.

Wildan turut memberdayakan para petani kopi di lingkungannya untuk memenuhi permintaan pasar.

"Saya memberikan deposit untuk petani dan kemudian nantinya petani akan menanam kopi sesuai pesanan," jelas Wildan, Senin (2/8/2021).

Wildan juga mendorong warga setempat untuk menjadi petani kopi. Frinsa Agrolestari memberikan fasilitas berupa penyediaan bibit kopi dengan harga murah.

"Bahkan, petani bisa membeli bibit secara kredit, dengan cara memotong dari gaji jika mereka merupakan karyawan Java Frinsa, atau uang hasil penjualan ceri kopi saat panen nanti," imbuh Wildan.

Petani yang mendapatkan bantuan itu tidak diharuskan menjual hasil panennya kepada Frinsa Agrolestari. Mereka dibebaskan untuk mengembangkan usahanya masing-masing.

Cerita Wildan mengembangkan bisnis kopi Java Frinsa dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat sekitar akan dibagikan dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

[Gambas:Instagram]



Dengan tema 'Growth Together, Help Together', Trisila akan mengisi webinar di hari keempat Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini juga akan diisi oleh kisah dari dua Founder UMKM lainnya yakni Cau Cokelat International dan CV Yuasafood Berkah Makmur.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan pada 2 Agustus 2021 pukul 13.00 via streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk, ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.



Simak Video "Cerita Tanaman Hias Hingga Kain Hasil Tangan Lokal yang Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)