Dilelang, Surat Lamaran Kerja Pertama Steve Jobs Laku Rp 4,9 M

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 19:30 WIB
SAN FRANCISCO - JANUARY 11:  Apple CEO Steve Jobs delivers a keynote address at the 2005 Macworld Expo January 11, 2005 in San Francisco, California.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Surat lamaran kerja pertama dari pendiri dan mantan CEO Apple Steve Jobs laku di pelelangan sebesar US$ 343.000 setara Rp 4,9 miliar (kurs Rp 14.476). Surat lamaran itu laku pada pelelangan online setelah melalui 43 penawaran.

Dikutip dari Evening Standard, Senin (2/8/2021) selain laku senilai US$ 343.000, dalam uang digital juga laku setelah melalui 10 penawaran. Dengan harga 12 kripto Ethereum sebesar US$ 27.560.

Surat lamaran kerja pertama Jobs itu dijual oleh pengusaha muda Olly Joshi yang membeli seharga 204.000 poundsterling dalam pelelangan Chesterfields empat bulan lalu. Dia menjual kali ini menjualnya lagi dalam bentuk token non-fungible (NFT).

Surat lamaran kerja pertama Steve JobsSurat lamaran kerja pertama Steve Jobs Foto: Dok rarible.com

NFT adalah aset digital yang dicetak di blockchain. Jika pembeli mendapat NFT, pembeli memiliki aset digital asli dari barang yang dibeli dan bukti keasliannya dimasukkan ke dalam kode NFT.

Sebagai informasi, surat lamaran kerja itu ditulis tangan oleh Jobs pada tahun 1973. Namun tidak diketahui itu surat lamaran untuk pekerjaan apa.

Dalam surat itu Jobs mencantumkan minat dan keterampilan di awal suratnya. Kemudian mencatat pengalaman dengan keahlian dalam menggunakan komputer, kalkulator, desain, dan teknologi elektronik. Di akhir dia mengatakan kalau dia tidak memiliki telepon dan juga tidak memiliki kendaraan bahkan SIM.

(das/das)