Luhut Beberkan 8% Dana Desa buat Beli Alat Deteksi Dini COVID

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 20:03 WIB
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan kebijakan perpanjangan PPKM level 4. Sebelumnya Presiden Joko Widido memutuskan PPKM level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus nanti.

Dalam paparannya, Luhut menegaskan bahwa sebagian dana desa dipakai untuk penanganan pandemi COVID-19. Sebagai informasi, pagu anggaran dana desa untuk 2021 sebesar Rp 72 triliun

"Di sini pemanfaatan dana desa 8% untuk tadi pembelian barang yang diperlukan untuk deteksi dini jangan sampai ada yg meninggal di kediaman atau saat isolasi mandiri," ujar Luhut dalam keterangan pers soal perpanjangan PPKM, Senin (2/8/2021).

Luhut menegaskan pemerintah juga melihat pemenuhan oksigen dan obat, semakin baik. Menurut Luhut, pihaknya juga koordinasi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian yang menangani masalah pandemi di luar Jawa-Bali.

Selain itu. beberapa daerah yang kasusnya tinggi kapasitas rumah sakit ditingkatkan. Satu hal yang perlu dijaga, kata Luhut, adalah tingkat mobilisasi pasien COVID-19 yang isolasi mandiri untuk ke isolasi terpusat agar mendapatkan pelayana kesehatan lebih baik yang dilengkapi berbagai fasilitas untuk perawatan COVID-19.

"Isolasi terpusat sangat penting terutama pasien bersiko tinggi ataupun di rumahnya ada ibu hamil, orang tua, dan orang komorbid," tutur Luhut.

(hns/hns)