Sempat Memuji, Dahlan Iskan Kini Pertanyakan Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 03 Agu 2021 10:02 WIB
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tampak bersemangat ikut senam
Sempat Memuji, Dahlan Iskan Kini Pertanyakan Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio
Jakarta -

Dahlan Iskan kembali menggali informasi mengenai uang Rp 2 triliun yang dijanjikan oleh keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio, yang katanya akan dihibahkan untuk membantu penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel). Setelah sempat memuji, Dahlan Iskan kini mempertanyakan keberadaan uang sumbangan tersebut.

Mantan Menteri BUMN itu memiliki informan seorang wanita yang dia sebut 'Si Cantik', yang disebut memiliki urusan utang piutang dengan Heriyanti, putri dari Akidi Tio. Wanita itu berharap dengan cairnya Rp 2 triliun maka uang yang dia pinjamkan bisa segera dikembalikan. Lalu wanita itu mengatakan kepada Dahlan bahwa Heriyanti memastikan uang Rp 2 triliun itu ada.

"Tiga jam setelah dinyatakan sebagai tersangka, Heryanti masih menghubungi Si Cantik. Masih juga menegaskan uang Rp 2 triliun itu ada," tutur Dahlan lewat tulisannya di blog disway.id, dikutip detikcom Selasa (3/8/2021).

Heriyanti memang sempat menyandang status tersangka terkait sumbangan Rp 2 triliun hingga akhirnya dianulir. Di tengah heboh Heriyanti dibawa ke kantor polisi, Heriyanti masih memberi keyakinan bahwa uang Rp 2 triliun akan cair.

''Uangnya akan cair besok,'' kata Heriyanti kepada wanita yang berbincang dengan Dahlan. Kata Dahlan, dari penuturan putri Akidi Tio itu artinya uang Rp 2 triliun itu harusnya cair hari ini, Selasa. Namun, belum ada kabar resmi dari pihak Heriyanti mengenai cairnya sumbangan Rp 2 triliun itu pada hari ini.

Sebagai informasi, Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Ratno Kuncoro sebelumnya menyebut anak Akidi Tio, Heriyanti, telah menjadi tersangka terkait sumbangan Rp 2 triliun. Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi kemudian menyampaikan pernyataan berbeda.

"Statusnya saat ini masih proses pemeriksaan. Belum (tersangka)," kata Kombes Supriadi, menjawab pernyataan soal Dirintel Polda Sumsel yang menyebut Heriyanti sudah menjadi tersangka di Mapolda Sumsel, Senin (2/8).

Dia kemudian menjelaskan keperluan Heriyanti datang ke Polda Sumsel. Menurutnya, Heriyanti datang untuk menjelaskan soal bilyet giro terkait pencairan dana Rp 2 triliun itu.

"Ini kan direncanakan akan diserahkan melalui bilyet giro. Sehingga, pada waktunya, bilyet giro ini belum bisa dicairkan. Kenapa? Karena ada teknis yang harus diselesaikan," ucapnya.

Dahlan Iskan sebelumnya sempat memuji sumbangan Rp 2 triliun dari Akidi Tio. Klik halaman berikutnya.

Lihat Video: Kronologi Donasi 2 T Akidi Tio Hingga Berujung Pemeriksaan Polisi

[Gambas:Video 20detik]