Ikoy-ikoyan Menggema di Instagram, Apa Sih Itu?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 10:23 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03:  The Instagram logo is displayed within the opened app on an iPhone on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Ikoy-ikoyan Arief Muhammad tiba-tiba menggema di jagat dunia maya khususnya di Instagram. Beberapa hari ke belakang ini banyak dari pesohor seperti artis dan selebgram ikut-ikutan tren tersebut.

Lalu apa sih sebenarnya ikoy-ikoyan ala Arief Muhammad?

Ikoy-ikoyan ini berawal muncul dari akun Instagram milih Arief Muhammad @ariefmuhammad. Intinya adalah bagi-bagi uang melalui direct message kepada para follower-nya di Instagram.

Kata ikoy sendiri merupakan nama panggilan dari salah satu staf Arief Muhammad yang memiliki nama asli Rizqi Fadillah. Nah Arief sendiri sering berbagi hadiah seperti uang, makanan, vitamin hingga ponsel dengan memerintahkan si Ikoy.

Terkadang Arief juga mengajak para pengikutnya untuk aktif mengikuti akun Instagram usaha miliknya. YouTuber dengan subscriber lebih dari 2,7 juta itu memiliki usaha kuliner, fashion hingga kos-kosan.

Seringnya Arief melakukan aksi bagi-bagi hadiah itu dengan memerintahkan Ikoy tiba-tiba munculah kata Ikoy-ikoyan. Dengan pengikut yang banyak, trend itu dengan mudah menyebar begitu saja.

Tren ini menyebar ke selebgram lainnya. Mulai dari Tasya Farasya, Jejow, Dwihanda hingga Fadil Jaidi kini melakukan tren ikoy-ikoyan atau berbagai kepada pengikut Instagram mereka.

Awalnya para selebgram ini juga tak mengetahui apa itu tren ikoy-ikoy ala Arief Muhammad. Namun setelah mengetahuinya, melalui akun Instagram Story @tasyafarasya, beauty influencer Tasya Farasya pun mengikuti jejak suami Tiara Pangestika itu.

Tasya membagi-bagikan uang, kopi jualannya, rangkaian makeup dan skincare kepada pengikutnya. Ada juga YouTuber Fadil Jaidi yang memilih mengikuti tren ikoy-ikoyan dengan menitipkan 'hadiah' melalui Arief Muhammad.

"Gue nitip ikoy-ikoyan dong," begitu Fadil Jaidi menulis pesan teks kepada Arief Muhammad.

Melihat tren ikoy-ikoy meluas ke selebgram lainnya, Arief pun mengaku senang bisa memberikan dampak positif. "Hahaha, sampai ke Tasya! Ikoy-ikoyan mulai mewabah di Indonesia. Senang sekali bisa menyebarkan kegiatan random bermanfaat seperti ini," ucapnya.



Simak Video "Ikoy-ikoy Bikin Sejumlah Seleb Terganggu, Arief Muhammad Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)