PPKM Level 4 Diperpanjang, 11 Wilayah di Luar Jawa Bali Jadi Perhatian

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 14:50 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan melakukan upaya untuk mengurangi angka kasus COVID-19 di luar Jawa-Bali. Pemerintah sendiri baru saja memperpanjang pemberlakuan PPKM hingga ke tanggal 9 Agustus.

Setidaknya, masih ada puluhan daerah di luar Jawa-Bali yang masuk ke dalam PPKM level 4. Di daerah-daerah itu dilakukan penguatan 3T bagi yang terkonfirmasi positif, pelaksanaan 3M, dan percepatan vaksinasi.

Beberapa kabupaten/kota di luar Jawa-Bali pun jadi perhatian pemerintah karena mengalami mengalami peningkatan kasus.

Airlangga mengatakan wilayah yang dimaksud adalah mulai dari Kota Medan, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Banjarbaru, Tarakan, Jayapura. Lalu ada juga Kabupaten Sikka, Berau, dan Belitung.

"Seperti arahan bapak presiden bahwa penerapan 3M, 3T, dan vaksinasi ini adalah hal yang terus dilakukan dan diprioritaskan dan di daerah-daerah tersebut," kata Airlangga dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, Airlangga mengatakan pihaknya terus menjaga tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) dan menyediakan fasilitas isolasi terpusat di kabupaten dan desa. Hal ini dilakukan untuk memberikan treatment atau pelayanan bagi yang terkonfirmasi positif.

Pasokan ketersediaan obat-obatan dan oksigen juga akan terjaga. Beberapa wilayah sudah disiapkan sebagai pemasok oksigen.

"Dan oksigen ini klaster-klaster di luar Pulau Jawa mulai dari pabrikan yang ada di Medan, di Palembang, di Kalimantan Timur, di Sulawesi Selatan, kemudian di Sulawesi Tengah, kemudian di Maluku Utara, serta di Papua juga dipersiapkan," jelas Airlangga.

Simak video 'Daftar Lengkap Wilayah yang Terapkan PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)