Mengejar Target Herd Immunity Demi Pulihkan Ekonomi RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 18:25 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hari ini meninjau vaksinasi tahap 2 di bar Holywings, Jakarta.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sebagai bentuk dukungan terhadap usaha pemerintah dalam percepatan program vaksinasi, Krakatau International Port (KIP) beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan penyaluran vaksin kepada seluruh karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan.

Kini, anak usaha Krakatau Steel sinergi dengan pemerintah Kota Cilegon turut melawan pandemi dengan melakukan vaksinasi gratis untuk masyarakat setempat.

CEO Krakatau International Port, Akbar Djohan menginformasikan bahwa telah tercapai 2.500 orang yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksin tahap pertama yang telah dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juli yang lalu. KIP terus berupaya untuk bisa membantu memfasilitasi untuk mencapai target vaksinasi di Kota Cilegon

"Kami bersyukur pelaksanaan vaksin tahap pertama telah dilaksanakan secara baik. Masyarakat di sekitar perusahaan juga antusias mengikuti program vaksinasi yang kami berikan secara gratis tersebut. Ini wujud komitmen kami untuk melawan pandemi, pandemi ini tidak bisa menunggu dari pemerintah saja, semua stakeholder harus terlibat untuk bisa melawan COVID-19. Yang paling baik adalah percepat vaksinasi dan lakukan 5M," ujar Akbar pada keterangannya di lokasi Krakatau International Port, Cilegon (3/8/2021).

Akbar juga mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 2120 orang berdasarkan laporan yang diperoleh dari tim penanganan COVID-19 KIP dari target yang dicapai yaitu kurang lebih 2500 orang.

Terdapat beberapa vaksin yang tidak bisa tersalurkan dikarenakan kendala medis seperti adanya peserta yang positif COVID-19, tensi yang tinggi, dan masalah kondisi kesehatan calon penerima vaksin lainnya. Beberapa dari mereka juga tidak di vaksin dengan alasan ketakutan akan efek samping yang didapatkan.

"Bagi warga yang belum dapat vaksin pada tahap pertama, KIP saat ini memfasilitasi vaksinasi untuk kesempatan dengan melaksanakan vaksinasi tahap kedua, yakni pada tanggal 1 Agustus yang lalu. Terdapat kurang lebih 1000 orang yang telah menerima vaksin dalam satu hari tersebut. Kami mensupport pemerintah dalam mensukseskan program vaksinasi agar masyarakat Cilegon bisa mencapai herd immunity segera," ungkap Akbar.

Akbar menyimpulkan bahwa selama dua tahap pelaksanaan vaksinasi, KIP telah mendistribusikan vaksin kepada 5.620 orang sudah sampai ke tahap dosis vaksinasi ke 1 dan 2.

Akbar berharap dengan program vaksinasi yang telah dilaksanakan, tingkat penyebaran COVID-19 di area perusahaan KIP dan masyarakat sekitar dapat terhambat dan menjadi dorongan bagi instansi dan perusahaan lain untuk sama-sama mendukung percepatan vaksinasi yang telah ditargetkan oleh pemerintah.

(dna/dna)