Beasiswa Untuk Anak PKL Mulai Digulirkan, Segini Jumlahnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 13:13 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menggandeng Kamhiprenur. Mereka memberikan beasiswa untuk 1.000 anak pedagang kecil yang terdampak pandemi.
Foto: dok. Kemenparekraf

Salah satu penerima beasiswa, Khalid, siswa MTSN 2 Bukit Tinggi, Sumatera Barat mengaku kalau dirinya bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses seperti Sandiaga Uno. Siswa kelas 8 tersebut adalah putra dari seorang pedagang kecil yang mendapatkan beasiswa gelombang pertama. Menurutnya, sejauh ini memang cita-cita tersebut diharapkan mampu mengubah hidup keluarganya. "Saya mau jadi pengusaha sukses dan beasiswa ini adalah awal dari mewujudkan cita-cita saya," ujarnya.

Cita-cita tinggi juga datang dari tutur Seorang Siswi asal Natuna, Riau, Suci Ramadhani siswi kelas 8 ini mengaku ingin menjadi seorang dokter yang bisa membantu masyarakat dalam masalah kesehatan. Walaupun sang ayah hanya sebagai buruh angkut, dia yakin cita-citanya bisa terwujud. "Seperti pak sandiaga, dia mengaku juga pernah terpuruk, tapi akhirnya dia bisa sukses sampai menjadi menteri seperti sekarang," tuturnya. Kesempatan tersebut didapatkan setelah dia mendapatkan beasiswa dari Sandiaga Uno dan Kahmipreneur, apa yang didapatnya kali ini adalah pecutan untuk mencapai cita-citanya.

Berbeda dengan siswa SMK Matlaul Anwar Cibuah, Banten, Muhammad Iskandar Fauzi dia justru lebih tertarik menjadi seorang pendidik. "Saya mau jadi guru Tehnik Komputer, sekarang saya juga ambil jurusan teknik komputer dan ilmunya akan saya turunkan ke murid-murid saya nanti," ujar siswa kelas 12 tersebut. Nawar mengungkapkan, salah satu ketertarikannya dengan dunia komputer karena dunia semakin hari semakin membutuhkan tenaga ahli IT dimana harus mengikuti perkembangan jaman.


(fdl/fdl)