Sri Mulyani Beberkan Kunci Sukses Ekonomi RI Tembus 7%

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 16:52 WIB
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi Indonesia yang berhasil tumbuh 7,07% di kuartal kedua 2021 sesuai dengan proyeksi pemerintah. Menurutnya hal ini menandakan strategi yang disusun oleh pemerintah selama ini cukup berhasil.

"Jadi cerita kuartal kedua menggambarkan arah pemulihan ekonomi sudah benar, strategi pemulihan ekonomi juga sudah benar dan sudah mulai menghasilkan dampak atau hasilnya," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/8/2021).

Salah satu strategi pemulihan ekonomi yang dirasa ikut memberikan hasil adalah bantuan sosial. Menurut Sri Mulyani, bansos berhasil menjaga tingkat kemiskinan dan konsumsi rumah tangga masyarakat bawah.

"Dengan bansos yang diberikan oleh pemerintah kita mampu menekan tingkat kemiskinan supaya tidak melonjak terlalu tinggi meskipun tetap terjadi kenaikan dan juga dari tingkat pengangguran," ungkapnya.

Sejalan dengan itu, dia berharap pemulihan konsumsi masyarakat juga menular ke kelompok menengah atas. Menurutnya hal itu akan makin memperkuat pemulihan ekonomi.

Kepercayaan masyarakat untuk melakukan kembali konsumsi juga didorong dengan adanya vaksinasi dan pelaksanaan protokol kesehatan. Kedua hal itu dipercaya membuat mobilitas masyarakat berangsur normal pada beberapa aktivitas.

"Jadi memang tantangan kita adalah bagaimana aktivitas tetap berjalan tapi COVID-19 bisa dikendalikan. Inilah kuncinya hanya satu disiplin kesehatan. Kita tetap bisa jaga pemulihan ekonomi dan juga mobilitas bisa tetap terjaga apabila kita semuanya melakukan disiplin kesehatan," kata Sri Mulyani.

(toy/eds)