Tiket Wisata Luar Angkasa Virgin Galactic Dijual Mulai Rp 6,4 M, Minat?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 06 Agu 2021 12:27 WIB
Richard Branson
Foto: Instagram @richardbranson
Jakarta -

Produsen pesawat luar angkasa milik miliarder Richard Branson, Virgin Galactic mulai menjual tiket pesawat untuk wisata luar angkasa. Harga yang ditawarkan mulai dari US$ 450.000 setara Rp 6,4 miliar per kursi.

Dilansir AP, Jumat (6/8/2021), pihak Virgin Galactic mengungkap wisata luar angkasa akan dilakukan pada awal 2022. Harga itu sudah termasuk tiket hingga seluruh paket dalam penerbangan.

CEO Virgin Galactic Michael Colglazier mengatakan calon pelanggan pertama akan mendapatkan prioritas pertama untuk memesan kursi dan daftar lain akan dibuat untuk pelanggan baru. Dia juga menjelaskan perusahaan melanjutkan penjualan untuk mengambil keuntungan dari lonjakan minat konsumen setelah penerbangan Branson.

Penerbangan Branson disebut mengalahkan miliarder saingannya Jeff Bezos yang terbang dengan New Shepard, Blue Origin. Branson dan lima awaknya telah melakukan perjalanan luar angkasa dengan melayang hingga 53,5 mil (86 kilometer) di atas gurun New Mexico.

Hasil penjualan tiket diharap menjadi pendapatan baru setelah Virgin Galactic merugi US$ 94 juta pada kuartal II-2021 karena melonjaknya biaya untuk overhead dan penjualan. Sementara pendapatan tercatat hanya US$ 571.000, hampir tidak cukup untuk menutupi satu kursi untuk penerbangan.

Setelah adanya pengumuman penjualan tiket Virgin Galactic, saham perusahaan naik hampir 5% dalam perdagangan setelah jam kerja.

Penerbangan luar angkasa Virgin Galactic berikutnya dijadwalkan pada akhir September di New Mexico dengan angkatan udara Italia.

(ara/ara)