Ekonomi RI Tumbuh 7%, Erick Thohir: Pemulihan di Jalur Tepat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 06 Agu 2021 14:56 WIB
Hari ini vaksin tahap ke-14 kembali tiba di Indonesia. Sebanyak 8 juta bulk vaksin Sinovac mendarat di Bandara Soetta. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menerima dan melihat langsung.
Foto: AmiriYandi/DJIKP-Kemkominfo
Jakarta -

Kinerja ekonomi di kuartal II 2021 menunjukkan jika pemulihan ekonomi berada di jalur yang tepat. Pertumbuhan tersebut tidak hanya ditopang belanja pemerintah namun juga didorong oleh mesin pertumbuhan lainnya.

Hal itu diungkap Menteri BUMN Erick Thohir dalam webinar Sinergi Menjaga Momentum dan Optimisme Pemulihan Ekonomi seperti disiarkan CNBC Indonesia, Jumat (6/8/2021).

"Pertumbuhan ini menggambarkan arah pemulihan ekonomi sudah berada di jalur yang tepat tidak hanya mengandalkan belanja pemerintah tapi juga didorong gerakan dan sinergi mesin-mesin petumbuhan lainnya," ujarnya.

Pertumbuhan ekonomi ditopang oleh konsumsi rumah tangga, investasi dan ekspor.

"Yang menunjukkan hasil nyata konsumsi rumah tangga di 5,9%, investasi di 7,5% , ekspor 31,8 %," katanya.

Namun, Erick Thohir meminta agar semua pihak waspada. Sebab, varian Delta memiliki penularan yang sangat cepat.

"Belum lagi mutasi virus yang juga cepat melahirkan varian-varian baru sehingga hal ini menjadi disrupsi bagi sektor ekonomi yang terus terpengaruh selama pandemi COVID-19 masih berlangsung saat ini," jelasnya.

(acd/eds)