Terpopuler Sepekan

Sosok Misterius Akidi Tio dan Dana Hibah Jumbo Rp 2 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 07 Agu 2021 12:15 WIB
Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Foto: Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Jakarta -

Pekan ini keluarga Akidi Tio menjadi sorotan publik. Karena anak perempuannya Heriyanti dipanggil oleh pihak kepolisian.

Nama Akidi Tio mencuat setelah adanya deklarasi bantuan penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.

Akidi Tio disebut-sebut sebagai sosok yang misterius. Hal ini karena kalangan pengusaha nasional bahkan tak mengenal siapa Akidi Tio ini.

Sebelumnya beredar kabar jika Akidi Tio merupakan seorang kontraktor. detikcom berusaha menanyakan kepada asosiasi pengusaha di bidang konstruksi. Namun Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa tak mengenalnya.

Kemudian Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Andi Rukman N Karumpa belum menjawab pertanyaan detikcom.

Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sangat penasaran dengan sosok dermawan ini. Dia segera mencari tahu sosok Akidi Tio kepada para pengusaha China di Indonesia. Memang, Akidi Tio ini diketahui memiliki darah China.

Namun sayang dari sekian banyak pengusaha China yang dia hubungi tak ada satupun yang mengetahui Akidi Tio ini. "Begitu banyak pengusaha Tionghoa yang saya hubungi: semua tidak tahu siapa Aki -panggilan Akidi Tio," tulis Dahlan dalam blognya disway.id.

Akidi Tio diketahui pernah tinggal di Sumatera Selatan (Sumsel). Bahkan anaknya yang ditetapkan sebagai tersangka menetap di Sumsel. Lantas Dahlan pun menghubungi Alex Noerdin yang pernah menjadi Gubernur Sumatera Selatan. Namun, Alex malah mengaku tak kenal nama itu sama sekali.

Dahlan kemudian menghubungi mantan menteri asal Palembang yang namanya tidak dia sebutkan. Jawabannya pun sama.

Akhirnya Dahlan mendapatkan jawaban dari Hardi Darmawan, dokter keluarga Akidi Tio. Menurut pengakuan Hardi kepada Dahlan, Akidi Tio pernah punya pabrik kecap, mebel, kebun sawit dan kontraktor bangunan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo juga beberapa waktu lalu mengungkap sosok Akidi Tio. Melalui video yang diunggah di akun Instagram resminya, Bamsoet menceritakan jika Akidi Tio pernah hidup di Palembang dengan memulai usaha kecap dan akhirnya memiliki pabrik kecap.

"Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim," tulis Bamsoet.

Selain itu, Akidi Tio juga merupakan pengusaha Tambang batu Dolomit yaitu bahan pembuat pupuk.

Dia menambahkan Akidi dulunya hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya raya di era Presiden Soekarno. Paman Akidi adalah Menteri Perdagangan di Singapura.

(kil/eds)