Dear Sultan, Pengin Wisata ke Luar Angkasa? Cek Nih Ongkosnya

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 07 Agu 2021 13:33 WIB
Dikembangkan lebih dari 10 tahun, pesawat luar angkasa Virgin Galactic siap beroperasi. Tak tanggung-tanggung pesawat ini siap menembus luar angkasa.
Foto: Greg Beach/Inhabitat: Pesawat Orang Terkaya Inggris Siap Menembus Luar Angkasa
Jakarta -

Virgin Galactic telah membuka kembali penjualan tiket untuk wisata ke luar angkasa. Harga tiket pesawat dibanderol mulai dari US$ 450.000 atau setara dengan Rp 6,4 miliar per kursi.

Hal itu terjadi setelah perusahaan yang dipimpin oleh miliarder asal Inggris, Richard Branson mengudara ke tepi luar angkasa dengan awak pesawat penuh pada Juli 2021 lalu.

Bos Virgin Galactic, Michael Colglazier mengatakan, misi uji coba yang sukses pada bulan lalu telah memperbarui minat publik terhadap tawaran perusahaan.

"Memanfaatkan lonjakan minat konsumen setelah penerbangan Unity 22, kami dengan senang hati mengumumkan pembukaan kembali penjualan yang efektif hari ini," kata Colglazier dalam sebuah pernyataan dikutip dari BBC, Sabtu (7/8/2021).

Lebih lanjut, sebelumnya mereka menjual tiket seharga US$ 250.000 atau sekitar Rp 3,6 miliar. "Saat kami berusaha membawa keajaiban luar angkasa ke populasi global yang luas, kami dengan senang hati membuka pintu ke industri dan pengalaman konsumen yang sama sekali baru," sambungnya.

Perusahaan berharap untuk memulai penerbangan komersial tahun depan setelah menyelesaikan beberapa misi uji lagi. Virgin menyatakan, calon wisatawan memiliki tiga jenis penerbangan yaitu kursi tunggal, paket teman dan keluarga, atau memesan seluruh pesawat.

Mereka yang berminat dapat melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu. Pihaknya mencatat, sebelumnya sekitar 600 tiket telah terjual.

Penerbangan luar angkasa perusahaan berikutnya, Unity 23, diharapkan lepas landas pada akhir September dari Spaceport Amerika di New Meksiko.

(hns/hns)