Amazon Bagi-bagi Duit hingga Paket Liburan buat Pegawai yang Divaksin

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 08 Agu 2021 14:14 WIB
Jumlah kasus COVID-19 di Negeri Paman Sam kembali melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu terjadi karena maraknya disinformasi dan hoaks soal vaksin.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Raksasa e-commerce, Amazon Inc mendorong seluruh pekerjanya untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Pihaknya memberikan hadiah kepada karyawan yang dapat membuktikan bahwa mereka telah divaksin.

Dilansir dari Bloomberg, Minggu (8/8/2021), program itu diberi nama kontes 'Max your Vax'. Ada 18 hadiah yang ditawarkan bernilai hampir US$ 2 juta atau setara Rp 26,6 miliar (kurs Rp 14.299), berupa 2 penghargaan uang tunai US$ 500.000 atau Rp 7,15 miliar, 6 penghargaan US$ 100.000 atau Rp 1,42 miliar, serta 5 kendaraan baru dan 5 paket liburan.

"Kami sangat percaya bahwa cara terbaik untuk melindungi karyawan dan komunitas garis depan kami dari COVID-19 adalah melalui vaksinasi," kata Juru Bicara Amazon, Kelly Nantel.

"Kami bangga telah menyelenggarakan lebih dari 1.100 acara vaksinasi di tempat untuk membantu mendapatkan vaksinasi semudah mungkin bagi karyawan kami dan anggota rumah tangga mereka," tambahnya.

Kontes Amazon ini terbuka untuk karyawan garis depan; meliputi pekerja gudang dan fasilitas logistik lainnya, serta pekerja di Whole Foods Market dan pusat data Amazon Web Service.

Amazon bukanlah yang pertama membagikan hadiah untuk orang yang mau divaksin. Disney dan Walmart, juga telah mengamanatkan suntikan vaksin untuk sebagian besar karyawan.

Pengumuman Amazon datang ketika perusahaan mengatakan bahwa mulai 9 Oktober pekerja harus memakai masker di fasilitas logistiknya terlepas dari status vaksinasi, karena parahnya penyebaran varian delta COVID-19. Pekerja yang sudah divaksinasi dapat bekerja di Amazon tanpa masker sejak akhir Mei 2021.

(aid/zlf)