Dear Pebisnis, Begini Nih Cara Kilat Urus Izin Usaha Cuma 10 Menit!

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 21:00 WIB
Sistem layanan izin berusaha terintegrasi secara elektronik (Online Single Submission/OSS) mulai dikelola BKPM. Begini suasana kantor OSS BKPM.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Sistem perizinan online terpadu atau Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko resmi diluncurkan. Dengan begini para pengusaha dijamin semakin mudah mengurus izin usaha.

Kehadiran OSS membuat usaha baru berskala kecil dapat mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam waktu cepat bahkan tidak sampai 10 menit. Hal itu diakui langsung oleh Yusuf Sopian dari Karawang, yang saat ini memiliki usaha di bidang pupuk organik saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kecepatan kita coba di angka 7 menit, nggak sampai 10 menit dan sudah langsung terbit NIB izin usahanya," kata Yusuf dalam peluncuran sistem OSS Berbasis Risiko yang dilihat virtual, Senin (9/8/2021).

"Artinya ini memudahkan, lebih cepat?," tanya Jokowi.

"Iya memudahkan, lalu terjamin tidak harus datang ke kantor dan sebagainya, tidak harus bolak-balik," timpal Yusuf.

Pengusaha UMKM lainnya yang bergerak di bidang makanan bernama Rayhan Christian juga mengaku sudah coba OSS di mana NIB bisa terbit hanya dalam waktu 5 menit.

"Sudah dicoba hasilnya hanya 5 menit saja saya langsung terbit NIB-nya," tuturnya.

Tidak Perlu Keluar Rumah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut para pengusaha akan semakin mudah mengurus izin usaha dengan adanya OSS. Bahkan semuanya bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah.

"Kita melihat (OSS) ini sebagai suatu perubahan atau reformasi struktural yang luar biasa karena sekarang pengusaha tidak harus ke luar rumah, bisa langsung di tempat usahanya mendapatkan izin, tidak ada ongkos dan tidak ada peraturan yang memberatinya," katanya.

Selain itu, sistem OSS ini juga akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha UMKM. Sebab, yang masuk dalam kategori UMKM tidak perlu membayar dan tanpa syarat untuk mendapatkan izin.

"Jadi kalau usahanya usaha kecil menengah dan risiko rendah, otomatis langsung keluar izin tanpa ada persyaratan apapun," tuturnya.

Sri Mulyani berharap adanya OSS dapat mendorong kegiatan investasi sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan lebih kuat. Dengan begitu juga lapangan pekerjaan dapat tercipta dan masyarakat akan sejahtera.

"Dengan adanya investasi yang tinggi kita ingin pemulihan ekonomi sesudah terkena COVID ini bisa berjalan sangat sehat dan kuat terutama didorong oleh kegiatan investasi," tandasnya.

(aid/zlf)