Menkes: Presiden Beri Arahan Virus Ini Akan Hidup Cukup Lama dengan Kita

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 21:11 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberi arahan, di mana kita bisa cukup lama hidup berdampingan dengan COVID-19.

"Bapak Presiden memberikan arahan bahwa ke depannya mungkin besar bahwa virus ini akan hidup cukup lama bersama kita," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

Untuk itu, kata Budi Gunadi, Jokowi meminta adanya roadmap jangka panjang agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan COVID-19.

"Jadi arahan bapak presiden kita harus memiliki roadmap bagaimana ke depannya kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan, bagaimana protokol kesehatan yang kita miliki bisa menjaga kita untuk tetap hidup normal menjalankan aktivitas ekonomi tapi dengan kondisi yang lebih aman," katanya.

Dari arahan tersebut, Budi Gunadi mengatakan pemerintah segera melakukan sejumlah pilot project untuk mengatur penerapan protokol kesehatan di sejumlah sektor utama, yakni perdagangan, kantor dan kawasan industri, transportasi, pariwisata, keagamaan, hingga pendidikan.

"Untuk itu atas arahan Bapak-bapak Menko kami akan segera melakukan pilot project yang mengatur secara digital penerapan dari protkol2 kesehatan di 6 aktivitas utama," tuturnya.

(fdl/fdl)