Erick Thohir Dikirim Karangan Bunga, Diminta Selamatkan Garuda

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 10 Agu 2021 12:16 WIB
Karyawan Garuda Kirim Bunga ke Erick Thohir Minta Tolong Selamatkan Garuda
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Karyawan Garuda Indonesia mengirim karangan bunga dan buket bunga kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Karangan bunga itu dikirim dalam rangka meminta tolong agar maskapai penerbangan pelat merah itu diselamatkan dari ancaman Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

PKPU dilakukan sebagai langkah restrukturisasi utang Garuda yang sudah jatuh tempo sekitar Rp 70 triliun dari total utang Rp 140 triliun. Tetapi langkah tersebut dianggap berisiko, termasuk menyebabkan Garuda Indonesia pailit.

"Adapun permohonan dukungan yang kami sampaikan itu melalui kembang dan juga buket. Intinya adalah kami sangat mengharapkan dukungan dari Pak Menteri BUMN terkait kondisi Garuda," kata Koordinator Serikat Bersama (Sekber) Serikat Karyawan Garuda Indonesia Tomy Tampatty ditemui di depan Gedung Kementerian BUMN, Selasa (10/8/2021).

Tomy menjelaskan ada enam perwakilan karyawan Garuda Indonesia yang datang, dari berbagai divisi, termasuk pilot dan awak kabin.

Karyawan Garuda Kirim Bunga ke Erick Thohir Minta Tolong Selamatkan GarudaKaryawan Garuda Kirim Bunga ke Erick Thohir Minta Tolong Selamatkan Garuda Foto: Trio Hamdani

Karyawan Garuda Indonesia mengharapkan restrukturisasi utang Garuda dilakukan dengan opsi satu, yakni pemberian pinjaman atau suntikan ekuitas alias modal.

"Inti dari permohonan dukungan kami adalah memohon kiranya Pak Menteri mendukung penyelesaian restrukturisasi utang Garuda melalui opsi satu, tanpa PKPU ya, gitu," sebutnya.

Lalu, yang kedua pihaknya memohon dalam RUPS tanggal 13 Agustus nanti Menteri BUMN dapat mengambil keputusan yang terbaik demi kelangsungan Garuda Indonesia.

Semula pihaknya ingin menemui langsung pejabat Kementerian BUMN, namun berdasarkan informasi yang mereka terima Kementerian BUMN sedang melaksanakan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Lihat juga video 'Nusron Wahid Minta Direksi Mati Bila Garuda Indonesia Mati!':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)