Catat Nih! Cara Mudah Atur Uang dan Bisnis Pakai Teknologi

ADVERTISEMENT

Catat Nih! Cara Mudah Atur Uang dan Bisnis Pakai Teknologi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 10 Agu 2021 16:34 WIB
Tips Keuangan Buat Milenial
Foto: Tips Keuangan Buat Milenial (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat. Masyarakat harus bisa mengimbangi dan mengikuti perubahan tersebut. Mulai dari sektor keuangan dan bisa memberikan keuntungan untuk para penggunanya.

CEO & Co-Founder Alia, Nadia Amalia mengungkapkan dalam hal pengelolaan keuangan, generasi milenial dan gen z ini cenderung punya pola konsumsi yang boros dibanding generasi sebelumnya.

Karena itu banyak dari generasi ini yang kesulitan mengontrol maupun mengelola keuangannya. Bahkan dari riset Alvara Strategic disebutkan rata-rata milenial hanya menabung kurang dari 10% pendapatannya.

Nadia bersama rekannya Fransisca Susan (CTO & Co-Founder dan Fadhila (COO & Co Founder membangun Alia untuk fokus pada pengatur keuangan pribadi berbasis Artificial Intelligence.

Alia ini lahir ketika Nadia dan Susan mengikuti fintech pitching competition di Massachusets Institute of Technology di Amerika Serikat (AS). Tujuannya adalah meningkatkan literasi keuangan di Indonesia melalui teknologi. Sekarang Alia sudah membantu 20.000 nasabah dengan nilai transaksi mencapai Rp 2,5 triliun.

"Alia diharapkan bisa membantu masalah pengelolaan uang di masyarakat dan memberi pemahaman dan manajemen yang lebih baik terhadap keuangannya," kata dia, Selasa (10/8/2021).

Alia yang diluncurkan sejak Januari 2020 ini menyediakan solusi yang end-to-end (terintegrasi) untuk seluruh kebutuhan finansial masingmasing individu. Automatic Financial Planning - mengintegrasikan seluruh produk finansial yang dimiliki nasabah mencakup e-wallet, dan bank untuk memberikan gambaran menyeluruh atas transaksi keuangannya.

Financial Habit Analytics dan AI Recommendation - menyediakan analisa terhadap kebiasaan pengeluaran nasabah dan memberikan rekomendasi melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence. Financial Consultation - didukung oleh para konsultan keuangan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT