Bos J&T Express Blak-blakan Tantangan Pandemi: Vaksinasi Kurir-Jalan Ditutup

Khoirul Anam - detikFinance
Kamis, 12 Agu 2021 15:47 WIB
Perluas Jaringan, J&T Express Ekspansi Rp 1,3 T
Foto: J&T
Jakarta -

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berdampak pada berbagai sektor usaha. Adapun masa PPKM membawa berbagai tantangan bagi jasa ekspedisi.

CEO J&T Express Indonesia, Robin Lo, memaparkan beberapa tantangan yang dihadapi pihaknya selama masa PPKM. Namun, kata dia, berbagai tantangan tersebut telah berhasil dilalui.

"Kita tahu bahwa sebenarnya tahun ini kondisi COVID-19 dibanding tahun lalu itu lebih berat. Jadi tentu tantangan itu selalu ada. Misalnya kita harus melakukan vaksin terhadap karyawan (kurir) kita," ujarnya dalam Konferensi Pers Merdeka Kirim Paket, Kamis (12/8/2021).

Vaksinasi kurir J&T Express menjadi tantangan tersendiri sebab, kata dia, ketersediaan vaksin belum merata secara nasional. Ia mengungkapkan bahwa beberapa waktu ini, kurir J&T Express baru menerima vaksinasi.

Tantangan selanjutnya adalah adanya penutupan jalan. Diketahui, selama masa PPKM, akses ke beberapa wilayah ditutup oleh pemerintah.

"Kalau saat ini sudah enggak menjadi masalah. Tapi waktu awal penetapan PPKM itu, di mana belum ada kejelasan itu kita sempat terhalang," lanjutnya.

Tantangan terakhir, menurutnya adalah menjaga para kurir J&T Express agar tetap sehat selama masa pandemi. Hal ini, kata dia, diperlukan agar mereka tetap profesional dalam menjalani tugasnya.

"Dalam arti melalui proses, misalnya, karyawan kita itu melalui penjagaan kesehatan yang ketat dan proses paket-paket kita itu harus melalui disinfektan. Supaya, kita enggak mau, nanti ada isu-isu bahwa paket yang dikirimkan J&T Express ini menyebabkan, kita enggak mau, jadi itu yang sebenarnya sangat kita jaga," tegasnya.

Lebih lanjut, Robin menjelaskan bahwa J&T Express mengalami peningkatan laba pada Semester I 2021. Peningkatan tersebut, kata dia, terjadi sebanyak satu kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Adapun, ia menegaskan, J&T Express selalu mengalami pertumbuhan hampir dua kali lipat dalam setiap tahunnya.



Simak Video "Soal Perpanjangan PPKM, Rossa Akui Sedih Namun Tetap Tegar"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)