5 Cara Sederhana untuk Tingkatkan Jumlah Konsumen

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 13 Agu 2021 09:47 WIB
Ilustrasi pebisnis
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jumlah konsumen menjadi target utama dari sebuah bisnis. Selain meningkatkan profit, brand awareness dari produk yang dijual juga ikut meningkat.

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan jumlah konsumen yang bisa Anda lakukan. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah 5 cara sederhana untuk meningkatkan konsumen bisnis yang dimiliki dilansir dari Superoffice.

Tawarkan Newsletter Gratis

kebanyakan orang senang mendapatkan informasi dengan cuma-cuma. Maka ketika Anda memberikan sesuatu yang gratis konsumen akan tertarik untuk membeli.

Untuk itulah, pemberian newsletter atau buletin gratis kepada calon pelanggan menjadi salah satu cara sederhana untuk menambahkan jumlah pelanggan. Jika Anda mampu memberikan konten dengan baik, pelanggan akan tahu lebih banyak tentang bisnis yang dijalani.

Manfaatkan juga platform online seperti media sosial untuk menyebarkan buletin gratis kepada calon pelanggan dari bisnis Anda.

Lakukan Survei Pendapat

Ketika pelanggan membeli barang atau mengunjungi website bisnis yang Anda miliki, cobalah untuk meminta mereka menyelesaikan survei singkat terkait bisnis. Orang-orang akan senang mengekspresikan diri dan senang untuk memberi tahu tentang pengalaman online atau offline.

Survei pendapat tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk melakukan riset industri, pengalaman pelanggan atau mengukur kepuasaan pelanggan, sehingga Anda bisa mengetahui apakah bisnis yang dijalankan mendapatkan respons positif dari konsumen. Jangan lupa juga sediakan iming-iming hadiah agar konsumen tertarik mengikuti survei tersebut.

Pertahankan Layanan Pelanggan yang Baik

Para pelanggan tentu juga sering menghubungi customer service yang dimiliki oleh bisnis Anda, entah itu untuk memesan barang, atau mengajukan komplain. Untuk itu, latihlah para customer service untuk melayani pelanggan dengan hormat dan juga mengambil tindakan yang tepat.

Pelanggan yang senang dengan kualitas layanan yang baik kemungkinan akan menyampaikan pengalaman positif tentang bisnis Anda. Tentunya ini akan meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan profit perusahaan.

Perbarui Konten Website

Konten yang baru menjadi daya tarik pelanggan untuk mengunjungi website atau sosial media Anda. Siapa tahu juga akan ada pelanggan-pelanggan baru yang terpincut karena konten yang selalu segar.

Untuk itu, cobalah membuat konten baru secara berkala yang bersifat informatif tentang bisnis terbaru atau topik hangat yang sedang ada dalam industri bisnis Anda. Manfaatkan juga search engine optimization agar konten yang dibuat dapat ditemukan di mesin pencari.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial di era ini memang menjadi senjata untuk mempromosikan barang-barang dari sebuah bisnis. Media sosial juga sudah menjadi wadah untuk orang-orang berinteraksi dan membagikan informasi.

Ini harus dimanfaatkan oleh Anda dengan membagikan konten-konten baru yang menarik untuk dilihat. Dengan cara ini, ada kemungkinan besar basis pelanggan Anda akan bertambah luas.

Samsung Galaxy Z Fold3Samsung Galaxy Z Fold3 Foto: Dok. Samsung

Agar memudahkan untuk menjalankan strategi ini, Anda membutuhkan gadget yang bisa diandalkan. Samsung yaitu Galaxy Z Fold3 mempunyai sederet fitur yang memberi kemudahan untuk menjalankan bisnis melalui sentuhan jari.

Smartphone ini menjadi generasi Galaxy Z Series yang membawa teknologi dari Galaxy Note Series yaitu fungsi S Pen. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable, sehingga cocok untuk Anda yang multitasking.

Anda bisa memiliki smartphone ini mulai dari Rp 24.999.000, jauh lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Z Fold2 yang dibanderol hampir Rp 34 juta.

Smartphone ini didukung prosesor Snapdragon 888 yang dapat diandalkan untuk menjalankan bisnis Anda. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 256 GB/ 512 GB.

Samsung Galaxy Z Fold3 juga membawa layar internal Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Pandangan pun akan semakin luas tanpa gangguan notch maupun punch hole berkat teknologi terbaru kamera Under Display. Layar ini juga sudah dilengkapi Dynamic AMOLED 2X Display dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Samsung membuat ponsel lipat ini dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan untuk lebih mudah dibawa ke mana- mana. Samsung Galaxy Z Fold3 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 akan tersedia secara pre-order mulai dari 11 Agustus 2021 dan akan diluncurkan pada 27 Agustus 2021 di sejumlah kawasan seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan.

Samsung Galaxy Z Fold3Samsung Galaxy Z Fold3 Foto: Dok. Samsung

Setiap pre-order yang dilakukan untuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, pengguna akan mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun.

Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut ini.

(akn/ega)