Gunakan Rumus Ini Untuk Efisiensi Karyawan

dtv - detikFinance
Jumat, 13 Agu 2021 13:20 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Kondisi pandemi membawa pemilik usaha berada di pilihan efisiensi karyawan atau menyelamatkan usahanya. VP Organisation ICSB Tibiyani Muhammad membagikan rumus efisiensi karyawan untuk minimalisir pengeluaran, simak penjelasan lengkapnya.

"Pada dasarnya aktivitas bisnis itu dibagi menjadi tiga pilar utama yaitu pilar operasional, pilar financial, dan pilar marketing. Di situasi pandemi tetap butuh tiga orang untuk tiap aktivitas ini," jelas Tibiyani Muhammad dalam program d'Mentor, Rabu (11/8/2021).

Pria yang akrab disapa Cak Tibi mengatakan pemilihan karyawan untuk ketiga pilar tersebut berdasar dari kondisi fisik, mental, dan juga skill yang dimiliki. Sisanya keputusan dari pemilik untuk menjaga kesehatan dari usahanya.

"Siapapun yang fisiknya bagus akan saya pertahankan, yang kedua siapapun mentalnya masih sehat karena di situasi pandemi ini membuat orang rata-rata berfikir aneh, negatif thinking, dan lainnya. Terakhir, yang memiliki skillnya bagus," sambungnya.

Cak Tibi menjelaskan kenapa kondisi fisik dijadikan pertimbangan untuk memilih karyawan mana yang harus dipertahankan. Kita tidak tahu kapan pandemi ini tidak sampai kapan berakhir.

Tonton juga penjelasan lengkapnya di d'Mentor

[Gambas:Video 20detik]



(edo/gah)