Gabung PSG, Messi Dibayar Pakai Uang Kripto Senilai Rp 504 Miliar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 13 Agu 2021 15:11 WIB
PARIS, FRANCE - AUGUST 11: Lionel Messi answers journalists during the press conference of Paris Saint-Germain at Parc des Princes on August 11, 2021 in Paris, France. (Photo by Sebastien Muylaert/Getty Images)
Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta -

Kepindahan Lionel Messi ke PSG membawa tren baru ke dunia sepakbola. Setelah datang ke Paris, punggawa internasional timnas sepakbola Argentina ini akan digaji dengan mata uang kripto.

Dilansir Reuters, Jumat (13/8/2021), PSG bekerja sama dengan Socios.com, perusahaan yang bergerak di bidang aset kripto untuk menyediakan koin kripto fans PSG untuk Messi.

Token itu termasuk dalam paket selamat datang bagi Messi. Menurut laporan media lokal diperkirakan jumlahnya mencapai US$ 29-35 juta atau sekitar Rp 417,6-504 miliar (kurs Rp 14.400).

Di sisi lain, meski mengakui menggaji Messi dengan uang kripto, PSG tidak mengungkapkan proporsi token dalam paket pembayarannya. Namun, PSG mengatakan jumlahnya cukup besar.

Koin kripto fans PSG adalah salah satu jenis aset kripto yang memungkinkan pemegang untuk ikut dalam menentukan keputusan kecil terkait dengan klub mereka, dalam hal ini PSG.

Tren macam ini nampaknya sudah mulai terjadi di tahun ini, beberapa klub juga melakukan hal yang sama. Misalnya, juara Liga Primer Inggris Manchester City dan AC Milan dari Italia. Barcelona pun disebut juga sudah meluncurkan satu tahun lalu.

Aset kripto semakin dilihat oleh klub sebagai sumber pendapatan baru dan Socios.com, yang menyediakan token untuk PSG dan klub top lainnya mengatakan token telah menghasilkan hampir US$ 200 juta untuk klub mitranya pada tahun 2021.

Dalam catatan detikcom, menurut laporan Yahoosports Messi mendapat kontrak senilai 35 juta euro setelah dipotong pajak atau setara Rp 591 miliar per tahun.

Jika melihat angka ini, maka Messi langsung jadi pemain PSG dengan gaji tertinggi, mengalahkan Neymar yang mendapat 31 juta euro saat teken kontrak baru tahun lalu.

(hal/zlf)