3 Fakta Terhangat soal Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 13 Agu 2021 19:00 WIB
Ilustrasi Uang
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra / detikcom
Jakarta -

Bantuan subsidi upah/gaji (BSU) Rp 1 juta mulai ditransfer ke rekening pekerja. Tahap pertama, bantuan diberikan kepada 1 juta pekerja dari target 8,7 juta orang yang memenuhi syarat.

detikcom merangkum fakta-fakta terkini mengenai subsidi gaji, yakni sebagai berikut:

1. Bisa Cek Status Penerima Via WA

Cara ceknya bisa lewat Whatsapp. Dikutip dari akun twitter @BPJSTKinfo disebutkan peserta BPJamsostek ini bisa mendapatkan informasi ke nomor 081380070175 bila mengalami kendala terkait layanan program BPJAMSOSTEK.

2. Situs Cadangan BPJS Ketenagakerjaan

Website utama BP Jamsostek yang menjadi tempat mengecek bantuan subsidi upah/gaji mengalami kendala. Tapi tenang ada situs baru yang disiapkan khusus untuk mendapatkan informasi tentang bantuan langsung tunai (BLT) tersebut.

Deputi Direktur Humas & Antar Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja mengatakan bagi masyarakat yang butuh informasi tentang bantuan subsidi upah/gaji bisa akses langsung ke bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

"Website utama BPJAMSOSTEK masih menjalankan proses maintenance, jadi bagi teman-teman peserta yang butuh informasi untuk Bantuan Subsidi Upah bisa akses ke link di atas," tuturnya kepada detikcom, Jumat (13/8/2021).

3. Tempat Mengadu Kendala Subsidi Gaji

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan pekerja bisa menyampaikan aduannya ke pusat panggilan (call center) 1500630.

"Ada kanal pengaduan. Bisa di call center kita 1500630," katanya melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (13/8/2021).

Anwar menjelaskan selain call center, pekerja juga bisa menyampaikan aduan melalui kanal media sosial (medsos) milik Kementerian Ketenagakerjaan.

(toy/eds)