Adu Tajir Orang Terkaya Indonesia vs Singapura, Menang Siapa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 15 Agu 2021 06:30 WIB
Li Xiting
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Harta orang terkaya di Indonesia ternyata masih kalah jika dibandingkan dengan harta orang terkaya di negara tetangga, Singapura. detikcom membuat perbandingannya menggunakan angka kekayaan yang tercatat di Forbes.

Untuk mengkonversi harta orang terkaya, baik di Indonesia maupun Singapura, detikcom menggunakan acuan kurs Rp 14.383 per US$.

Dikutip dari Forbes, bos Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, Li Xiting menduduki posisi teratas dalam daftar orang terkaya di Singapura untuk pertama kalinya. Dia tercatat memiliki kekayaan bersih US$ 23 miliar (Rp 330 triliun).

Sementara orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Robert Budi Hartono dengan harta US$ 18,2 miliar atau sekitar Rp 261 triliun. Dari situ terlihat bahwa antara orang terkaya nomor 1 di kedua negara dimenangkan oleh Singapura dengan selisih Rp 69 triliun.

Kekayaan Budi Hartono bahkan tak lebih banyak dari orang terkaya ke-3 di Singapura, Goh Cheng Liang senilai US$ 18,6 miliar (Rp 267 triliun).

Bahkan, harta orang terkaya ke-10 di Singapura masih lebih besar dari harta orang terkaya ke-3 di Indonesia, masing-masing Rp 93 triliun dan Rp 89 triliun.

Daftar lengkap kekayaan 10 orang terkaya di Indonesia dan Singapura di halaman selanjutnya.