ADVERTISEMENT

Menarik! Daftar dan Sejarah BUMN yang Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 15 Agu 2021 08:00 WIB
Logo baru Kementerian BUMN/Screenshot video
Foto: Logo baru Kementerian BUMN/Screenshot video

Kimia Farma

Dikutip dari laman resmi kimiafarma.co.id, Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Nama perusahaan ini pada awalnya adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co.

Berdasarkan kebijaksanaan nasionalisasi atas eks perusahaan Belanda di masa awal kemerdekaan, pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma.

Kemudian pada tanggal 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Pada tanggal 4 Juli 2001, PT Kimia Farma (Persero) kembali mengubah statusnya menjadi perusahaan publik, PT Kimia Farma (Persero) Tbk, dalam penulisan berikutnya disebut Perseroan.

PT KAI

Sebelum menjadi PT. Kereta Api Indonesia (Persero), perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Solo-Yogyakarta di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Kala itu masih dipegang oleh pemerintah Belanda.

Kemudian, seperti dikutip dari laman resmi kai.id, setelah dipegang oleh Belanda, Jepang merebut perkeretaapian RI dan menamakan menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Selama penguasaan Jepang, operasional kereta api hanya diutamakan untuk kepentingan perang

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. Puncaknya adalah pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia.

Beberapa kali juga berganti nama, dari Djawatan Kereta Api (DKA) tahun 1950, Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) tahun 1971, Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) tahun 1991, dan terakhir menjadi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada tahun 1998 hingga saat ini.

lanjut membaca ke halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT