6 Rahasia Sulap Ruang Kecil Jadi Nyaman dan Berkelas

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 09:11 WIB
Close up real estate agent with house model hand putting signing contract,have a contract in place to protect it,signing of modest agreements form in office.Concept real estate,moving home or renting property
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Natee Meepian
Jakarta -

Mungkin tak sedikit orang yang kebingungan untuk mendekorasi rumah berukuran kecil. Ruang yang terbatas kadang membatasi kreativitas untuk menatanya agar terlihat berkelas.

Nah, pembuat konten media sosial berusia 23 tahun, Elena Taber membagikan tips berdasarkan pengalamannya yang baru saja menyewa apartemen East Village di New York City.

Taber berbagi apartemen tiga kamar tidur, satu kamar mandi dengan dua temannya. Seperti banyak orang, Taber tidak dapat menggunakan ruang kerja bersama selama pandemi COVID-19, jadi dia membuat ruang kerja di rumah. Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama kebijakan pembatasan kegiatan menginspirasinya untuk membuat beberapa perubahan pada ruang kecilnya sehingga bisa lebih fleksibel dan nyaman.

Dilansir detikcom dari CNBC, Senin (16/8/2021), berikut saran Taber untuk mendekorasi dan mengatur ruang kecil:

1. Belanja barang bekas secara online

Meskipun mencari barang antik di toko barang bekas merupakan tantangan selama pandemi, ada banyak cara untuk membeli furnitur dan dekorasi bekas secara online.

Misalnya, Taber menggunakan Facebook Marketplace untuk menemukan meja. Selain Facebook, Taber juga menggunakan aplikasi jual-beli barang bekas.

Selain itu Taber mengikuti akun Instagram yang kerap memberi tahu orang-orang tentang barang-barang unik dan berkualitas tinggi yang dibuang ke tempat sampah, dan menemukan rak buku di jalan untuk ditambahkan ke ruang tamu apartemennya.

Dia juga suka berbelanja barang-barang dekorasi yang lebih kecil dan pernak-pernik penyimpanan dari toko-toko antik.

2. Desain dengan potongan tinggi-rendah

Taber menyarankan untuk mencari perabotan dasar Anda, seperti tempat tidur atau meja rias Anda di pengecer yang lebih terjangkau.

"Ini sepadan, dan kemudian Anda benar-benar dapat membuat ruang lebih bagus dengan menambahkan dekorasi menyenangkan yang sesuai dengan kepribadian Anda," katanya.

3. Cat furnitur

Sebagai penyewa, Taber terbatas dalam apa yang dia bisa dan tidak bisa lakukan untuk mengubah apartemen. Jadi, dia memutuskan untuk mengupgrade furnitur kamar tidurnya menggunakan kombinasi cat dan primer yang murah. Dia mengecat laci meja rias dengan warna sage terang.

"Saya merasa hanya menambahkan sedikit warna, atau bahkan hanya menambahkan furnitur yang lebih gelap dengan warna yang lebih terang yang benar-benar mengubah ruang dan mencerahkannya dan membuatnya terasa lebih besar," katanya.