Jokowi: Karakter Berani Berubah-Kreasi Hal Baru Pondasi untuk Indonesia Maju

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 09:45 WIB
Jokowi Tiba di Sidang Tahunan MPR
Foto: YouTube DPR
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan di era disrupsi seperti sekarang ini Indonesia harus berani berubah dan mengkreasikan hal-hal baru sebagai pondasi membangun Indonesia Maju. Dia mengatakan, Indonesia telah berusaha migrasi ke cara-cara baru di era revolusi industri 4.0.

Demikian disampaikan Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021, Senin (16/8/2021).

"Di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru, merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju. Kita telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar bisa bekerja lebih efektif, lebih
efisien, dan lebih produktif," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pandemi COVID-19 telah membuat akselerasi dan inovasi menyatu dalam kehidupan masyarakat.

"Adanya pandemi COVID-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," katanya.

Tambahnya, pandemi telah memperkuat perilaku dan infrastruktur kesehatan Indonesia.

"Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita, dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa," katanya.

"Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi. Hal ini membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi," tambahnya.

Tonton video 'Jokowi: Kemerdekaan RI Bukan Hadiah, Tapi Perjuangan':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)