Hasil Masa Sanggah Diundur, Tes SKD CPNS 2021 Kapan?

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 17:28 WIB
Tes CPNS Pemkab Blitar Gugur
Hasil Masa Sanggah Diundur, Tes SKD CPNS 2021 Kapan?
Jakarta -

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) hingga saat ini belum mengumumkan secara resmi jadwal pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2021 dan jadwal seleksi lainnya.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama mengatakan, dalam menentukan jadwal tes seleksi CPNS 2021 akan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang sedang terjadi. Termasuk untuk jadwal seleksi SKD, SKB, dan tahapan lainnya baik bagi peserta CPNS dan PPPK.

"Menyesuaikan. Ada kemungkinan bahwa jadwal selanjutnya menyesuaikan," kata Satya dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Dia mengatakan, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan proses seleksi CPNS 2021 diundur. Diantaranya karena penyebaran kasus COVID-19 yang masih tinggi dan pengecekan meterai yang menjadi syarat wajib dalam seleksi administrasi CPNS.

Jika kasus COVID-19 mengalami kenaikan yang signifikan, kemungkinan besar proses seleksi CPNS akan terancam molor atau ditunda. Sementara itu, pengecekan meterai juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. "Pandemi dan cek meterai," ujarnya.

Seperti diketahui, pengumuman hasil sanggah yang awalnya akan diumumkan pada 15 Agustus 2021 namun kemudian diundur menjadi 20 Agustus 2021.

"Untuk BKN, salah satu alasan pemunduran yakni untuk mengakomodir ketentuan dalam surat kepala BKN tentang penggunaan meterai dalam seleksi CASN," tuturnya.

Saat ditanya perihal jadwal tes SKD CPNS 2021, Satya mengakui belum ada penentuan jadwal untuk pelaksanaan tes lanjutan CPNS. "Belum mbak. Mohon waktunya ya," pungkasnya.

(fdl/fdl)