Larang Transgender Gunakan Toilet Wanita, Perusahaan Ini Didenda Rp 3,17 M

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 10:28 WIB
Ilustrasi transgender
ilustrasi Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Perusahaan penyedia bahan prakarya seni dan kerajinan tangan, Hobby Lobby Stores Inc diminta membayar karyawan transgender sebesar US$ 220.000 atau setara Rp 3,17 miliar (kurs Rp 14.409). Sebab, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu telah melarangnya menggunakan toilet wanita.

Dilansir dari Insider, Kamis (19/8/2021), putusan itu dibuat oleh Pengadilan Banding Distrik Kedua Illinois pada Jumat (13/8). Hobby Lobby secara tidak langsung dianggap telah mendiskriminasi transgender tersebut yang bernama Meggan Sommerville di sebuah toko di East Aurora, Illinois, Forbes.

"Sommerville adalah perempuan, sama seperti perempuan yang diizinkan menggunakan kamar mandi perempuan," kata pengadilan dalam putusannya.

"Satu-satunya alasan Sommerville dilarang menggunakan kamar mandi wanita adalah karena dia wanita transgender, tidak seperti wanita lain (sejauh yang diketahui Hobby Lobby)," tambahnya.

Kasus ini bermula pada awal 2010-an, ketika Sommerville pertama kali memberi tahu majikannya bahwa dia sedang dalam masa transisi dan berencana menggunakan kamar mandi wanita.

(aid/zlf)