Tak Mau Main-main, Jokowi Minta Mentan Serius Tangani Porang

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 14:46 WIB
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi door to door di Madiun
Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mau main-main dalam rencana pengembangan industri tanaman porang di Indonesia. Dia meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk benar-benar serius dalam merealisasikan rencana tersebut.

Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungannya ke salah satu pabrik porang di Madiun. Itu merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kunjungannya ke Jawa Timur.

"Saya tadi sudah menyampaikan ke Mentan agar kita betul-betul seriusi komoditas baru ini, komoditas porang," ucapnya, Kamis (19/8/2021).

Jokowi berharap tidak ada ekspor porang di Indonesia dalam bentuk mentah. Dia berharap Indonesia bisa mengembangkan tanaman porang menjadi produk setengah jadi ataupun produk siap konsumsi seperti beras porang.

"Tapi kita lihat di sini tadi sudah setengah jadi dalam bentuk tepung dan Insya Allah tahun depan bisa barang jadi yaitu beras porang," tuturnya.

Jokowi sendiri mengunjungi pabrik porang milik PT Asia Prima. Menurutnya pabrik tersebut memberikan nilai tambah yang baik, terutama bagi petani," tuturnya.

Dari pabrik seluas 1 hektare tersebut bisa menghasilkan 15-20 ton. Untuk musim tanam pertama hasilnya bisa mencapai 40 juta dalam kurun 8 bulan.

"Ini sebuah nilai yang sangat besar. Pasarnya juga masih terbuka lebar dan kita tahu porang ini akan menjadi makanan masa depan karena low calory, low carbon, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula, saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan," tutupnya.

(das/fdl)