Sandiaga Ungkap UMKM Harus Melek Digital Biar Bertahan saat Pandemi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 21:30 WIB
Sandiaga Uno
Foto: dok Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menyatakan saat ini inovasi perlu dilakukan di segala bidang, termasuk industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Syaratnya adalah bergeser dan inovatif dalam penetapan target pasar sesuai kebutuhan yang juga bergeser, serta perlu jeli menentukan peluang pasar.

"Digitalisasi merupakan pergeseran kebutuhan yang perlu diadopsi oleh pelaku usaha khususnya UMKM. Untuk itu diperlukan uluran tangan berbagai pihak. Dengan demikian, adaptasi, kolaborasi, dan inovasi menjadi bagian yang tak terpisahkan," kata Sandiaga, Kamis (19/8/2021).

Pasalnya, di sektor kreatif juga mengalami penurunan laju pertumbuhan akibat pandemi, namun ada dua sub-sektor atau tiga sub-sektor yang justru malah bertumbuh di tengah masa sulit ini, yaitu aplikasi, game developer, serta televisi dan radio.

"Mereka malah tumbuh di tengah-tengah pandemi," tegasnya.

Sandi memberikan tagline untuk membuka wawasan inovasi, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Segmen potensial). Sandi juga berharap kapasitas SDM di sektor ekonomi kreatif bisa ditingkatkan.

"Saya lihat ada perubahan tren pariwisata dan ini perlu digali oleh institusi pendidikan dan rekan-rekan dari sisi akademisi," jelasnya.