Terpopuler Sepekan

Deretan 'Bonus' yang Didapat Peserta Lolos Kartu Prakerja

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 21 Agu 2021 11:15 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Kartu Prakerja gelombang 18 resmi ditutup pada 19 Agustus 2021. Bagi peserta yang lolos selain akan mendapat uang saku dan ada sejumlah program pelatihan yang bisa diikuti.

Sementara, dikutip dari prakerja.go.id, ada beberapa cara untuk mengecek lolos atau tidaknya seleksi Kartu Prakerja. Pertama adalah mengecek dashboard di akun Prakerja, dan kedua adalah notifikasi SMS.

Kemudian, jika lolos peserta akan mendapat uang saku. Selain itu akan ada pelatihan yang berfokus pada industri kreatif seperti yang disiapkan salah satu mitra Prakerja, yakni Vokraf.

Vokraf adalah platform edukasi online yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan talenta muda sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan oleh industri kreatif.

Peserta Kartu Prakerja yang ingin berkarir di industri kreatif, maka terdapat berbagai pilihan kelas seperti Graphic Designer, Youtube Content Creator, Illustrator Komersial, Fotografi Produk, 3D Animator, Copywriter, Tata Cara Menggunakan Komputer, dan Digital Strategist.

Untuk peserta Kartu Prakerja yang ingin mengembangkan bisnisnya atau terjun ke dunia wirausaha, bisa memilih kelas Merubah Masalah Menjadi Bisnis Menguntungkan, Tata Cara Mendirikan PT, Strategi Sukses Berjualan Apapun, dan Sukses Berjualan di E-Commerce.

Pelatihan Vokraf dapat dibeli melalui platform Sisnaker, Sekolahmu, Pintaria, dan Pijar Mahir. Dengan mengikuti kelas di Vokraf, peserta Kartu Prakerja berkesempatan untuk diajar oleh expert profesional langsung dari industri, mendapatkan materi yang aplikatif, dan sertifikat.

"Dengan dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang yang baru, diharapkan Vokraf dapat terus berkontribusi untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan sumber daya manusia agar dapat beradaptasi dengan perkembangan industri kreatif yang pesat", ungkap Dwi Grahantio Baskoro selaku Co-Founder dan CSO Vokraf, Jumat (20/8/2021).

(eds/eds)