Bakal Berlaku Tarif Baru di Tol Ciawi-Cigombong

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 21 Agu 2021 12:30 WIB
Tol Bocimi
Ilustrasi/Foto: Syahdan Alamsyah

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi H. Sambas menyatakan ruas tol Ciawi-Sukabumi memiliki manfaat yang besar pada wilayah Jawa Barat.

"Saya sendiri sebagai penduduk juga sangat merasakan manfaatnya. Sebelum ada ruas tol ini, untuk menuju ke Cigombong dari Ciawi saja bisa 90 menit, dengan menggunakan tol Ciawi - Sukabumi jadi 15 menit saja. Betul - betul bisa menangkal kemacetan. Saya yakin penduduk Sukabumi yang lain juga merasakan manfaat yang sama," jelas Sambas.

Sambas menambahkan bahwa pemangkasan waktu tempuh perjalanan yang drastis ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat baik mobilitas dalam sektor industri, logistik, dan pariwisata yang akan berpotensi untuk membuka pintu investasi ke wilayah Jawa Barat.

Dalam mempersiapkan penyesuaian tarif tersebut, telah dilakukan Forum Group Discussion (FGD) oleh TJT dengan mengundang beberapa Key Opinion Leader (KOL). FGD ini dilaksanakan untuk berdiskusi dan mendapatkan pendapat dari ahli, serta untuk menyamakan persepsi dengan para ahli dan pemerintah daerah setempat.


(hns/hns)