Mau Jualan Online? Nih Cara Buka Toko di Shopee

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 22 Agu 2021 08:09 WIB
Shopee
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Kehadiran platform digital e-commerce bisa membantu masyarakat memulai bisnis online dengan mudah dan cepat. Dengan begitu penjual tidak perlu bingung memasarkan produknya karena telah menjangkau banyak konsumen.

E-commerce Shopee bisa jadi salah satu pilihan tempat untuk berjualan online. Berikut cara mendaftarkan toko di Shopee yang akan berguna untuk pemula:

1. Daftar Akun Shopee

Pertama buka situs resmi Shopee di browser desktop. Selain lewat komputer kalian juga bisa mendaftar lewat hp (smartphone) menggunakan aplikasi Shopee yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Buka akun baru dengan klik tombol Daftar yang ada di sisi kanan atas. Setelah diklik, isi formulir yang ada dengan data pribadi kalian.

2. Lengkapi Profil Toko

Setelah terdaftar, pilih menu Jual yang ada di sisi kiri atas. Untuk di smartphone, kalian bisa mengakses menu ini dengan klik tab 'Saya' yang ada di sisi kanan bawah layar dan klik opsi 'Mulai Jual' yang ada di sisi kiri atas.

Setelah itu kalian akan masuk ke dalam fitur Shopee Seller Centre, yang merupakan semacam pusat kendali untuk mengelola toko kalian. Pilih menu Pengaturan Toko, kemudian isi profil toko mulai dari nama toko, deskripsi toko, logo/foto toko dan banner toko. Setelah semuanya diisi, klik Simpan.

Setelah itu pilih menu Alamat Saya untuk mengatur alamat toko kalian. Selanjutnya klik tombol Tambah alamat baru. Isi formulir yang ada dengan rincian alamat toko dan klik Simpan.

3. Tentukan Jasa Kirim

Tahap selanjutnya pilih menu Jasa Kirimku untuk mengatur jasa ekspedisi pengiriman yang akan digunakan toko. Akan ada beberapa opsi, dan klik yang jasa kirim yang diinginkan hingga berwarna hijau.

4. Atur Rekening Bank

Setelah itu, kalian bisa mengisi rincian rekening bank untuk melakukan pembayaran atau menerima uang penjualan. Caranya klik menu Kartu/Rekening Bank. Nantinya kalian akan diminta memasukkan password akun Shopee kalian untuk verifikasi.

Untuk menambahkan rekening bank, klik opsi Tambah Rekening Bank. Setelah itu isi form yang ada dengan rincian rekening bank kalian dan klik Lanjut.

lanjut ke halaman berikutnya