Wow! Elang Ras Langka di Saudi Laku Rp 1,3 Miliar

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 23 Agu 2021 15:26 WIB
Ilustrasi Elang (thestar.com.my)
Ilustrasi/Foto: thestar.com.my
Jakarta -

Elang dari ras langka terjual dalam sebuah pelelangan di Arab Saudi, seharga US$ 93.347 atau setara Rp 1,3 miliar (kurs Rp 14.425). Seekor Elang itu bernama Super White Gyrfalcon Farkh yang berumur satu tahun.

Dikutip dari Arab News, Senin (23/8/2021), elang itu terjual dalam pelelangan International Falcon Breeders Auction tepatnya pada hari kedelapan. Pelelangan diselenggarakan oleh Saudi Falcons Club. Namun, identitas pembeli belum terungkap.

Elang itu memiliki panjang dan lebar 18,5 inci. Beratnya 1,6 kg dan merupakan elang termahal yang dijual di pelelangan. Memecahkan rekor Raghwan, elang ras langka yang dijual seharga US$ 72.000 awal bulan ini.

Beberapa elang lainnya dijual dalam pelelangan seharga US$ 24.803 dan burung ketiga akan dijual dalam beberapa hari mendatang.

Falconry menjadi sebutan bagi pecinta burung atau elang yang sudah berkembang menjadi bisnis jutaan dolar di wilayah tersebut. Mereka melihat elang yang tercepat, terindah, dan paling cerdas. Kemudian dijual berdasarkan garis keturunan yang berbeda dengan harga cukup tinggi.

Seorang falconer, Abdullah Shamrookh dengan pengalaman lebih dari dua dekade, mengatakan membeli burung-burung langka dan mengembangbiakkan. Hal itu menjadi bisnis yang menguntungkan dan berjangka panjang. Persaingan pasar kini diakui menjadi sangat kompetitif karena kelangkaan burung.

"Beberapa lebih memilih ras murni, tingkat keberhasilan peternakan telah membuat pemilik elang tidak hanya meningkatkan jumlah elang yang mereka miliki, ini lebih tentang strategi sekarang. Membeli elang sekarang sangat bergantung pada garis keturunan, karakteristik, dan asal-usulnya," jelasnya.

Juru bicara Jim Wilson Falcons Faris Al-Faris, mengatakan biasanya orang yang mengembangkan peternakan elang biasanya berhasil membiakkannya sekitar 300 elang setiap tahun dengan kualitas yang sama.

Selain dikembangbiakkan, elang juga diperlombakan dalam kompetisi kontes kecantikan elang yang bernama Al-Mazayen dan balapan elang international lainnya.

(eds/eds)